5 Beasiswa Luar Negeri Ini Akan Segera Dibuka Bulan April Hingga Juni! Ayo Segera Siapkan Dirimu!

Tidak perlu diragukan lagi kuliah di luar negeri memang impian semua orang. Tapi banyak sekali para mahasiswa yang cita-citanya untuk keluar negeri gagal begitu saja, bisa jadi karena terhalang biaya, persyaratan administrasi, atau hal-hal lainnya. Nah kalau pengetahuan dan skill kamu sudah mumpuni untuk keluar negeri namun terhalang beban finansial, kamu bisa coba 5 beasiswa ini loh!

Beasiswa-beasiswa di bawah ini tidak hanya diperuntukkan untuk S2 saja, tapi juga untuk jenjang S1. 5 beasiswa yang akan segera dibuka bulan ini (April) hingga bulan juni 2021 mendatang ini sangat cocok bagi para fresh graduate dan juga lulusan SMA. Berikut daftar beasiswanya:

1. Ignacy Lukasiewicz Scholarship Programme

Beasiswa Ignacy Lukasiewicz Scholarship Programme ini adalah beasiswa yang disediakan oleh kementerian luar negeri dan badan nasional Polandia untuk pertukaran akademik (the Polish National Agency for Academic Exchange atau biasa disebut Narodowa Agencja Wymiany Akademickiej dan disingkat menjadi NAWA) bagi kamu yang baru saja lulus S1 dan ingin melanjutkan S2 di Polandia, kamu wajib banget coba beasiswa satu ini.

Beasiswa ini sendiri bertujuan untuk meningkatkan pertumbuhan sosial dan ekonomi di negera berkembang. Jika kamu lulus menjadi awardee dari beasiswa ini, maka kamu akan menerima banyak sekali fasilitas seperti bebas biaya kampus, mendapatkan tunjangan bulanan selama menjalani perkuliahan, biaya untuk penelitian, dan beberapa keperluan akademik lainnya. Kalau kamu berminat untuk daftar beasiswa ini, kamu harus siap untuk diberikan kursus bahasa Polandia satu tahun sebelum keberangkatan kamu. Untuk informasi lebih lanjut, kamu bisa mengunjungi website NAWA sendiri di https://nawa.gov.pl/.

2. MEXT / Monbukagakusho Scholarship

Beasiswa MEXT / Monbukagakusho Scholarship ini adalah beasiswa untuk mahasiswa S2 yang akan melakukan penelitian di Universitas di Jepang. Jika memang belum melakukan riset apapun, maka calon awardee bisa tetap mengajukan beasiswa dengan catatan yang bersangkutan sudah meminta izin untuk melakukan riset nantinya di salah satu universitas di Jepang dan juga sudah diketahui oleh profesor yang bersangkutan.

Pada dasaarnya beasiswa ini memiliki dua jalur pendaftaran, yang pertama adalah jalur Embassy Recommendation dimana calon awardee diseleksi langsung oleh kedutaan Jepang, dan yang kedua adalah jalur University Recommendation dimana mahasiswa diseleksi melalui universitas di Jepang tanpa bantuan kedutaan Jepang itu sendiri. Di program beasiswa ini tidak hanya untuk S2 saja loh, program S1 dan S3 juga tersedia di sini.

Beasiswa MEXT / Monbukagakusho Scholarship ini biasanya memberikan banyak fasilitias untuk para awardeenya, seperti biaya kuliah, tunjangan selama masa kuliah, tiket pesawat pulang pergi, visa, asrama (jika tidak ada asrama, maka pihak kampus akan membantu mencarikan tempat tinggal untuk para awardee), dan yang terakhir adalah beasiswa ini tidak memiliki ikatan dinas apapun dengan awardee untuk ke depannya.

Jadi bagi kamu yang berniat melakukan riset S2 di Jepang, tunggu apalagi! Untuk informasi lebih lanjut, kamu bisa mengunjungi website resmi dari MEXT / Monbukagakusho Scholarship di https://www.id.emb-japan.go.jp/sch.html.

3. CEP Scholarship

Beasiswa S2 di Vietnam ini diperuntukkan bagi kamu yang berniat melanjutkan S2 di bidang manajemen konstruksi, teknik sipil, dan bidang-bidang terkait lainnya. Selain menjalani perkuliahan di Vietnam, beasiswa ini juga memiliki program dimana para penerima beasiswa akan menjalani magang di beberapa negara seperti Myanmar dan Jepang, dan juga mengikuti beberapa konferensi di beberapa negara di ASEAN.

Beasiswa ini memberikan fasilitas seperti menggratiskan uang kuliah, tiket penerbangan, tunjangan hidup selama berkuliah, tunjangan tambahan ketika magang di negara lain, visa, pelatihan bahasa, dll. Kalau kamu berminat, boleh banget nih langsung cek website yang menyediakan info lengkap tentang CEP Scholarship ini https://imp.hcmut.edu.vn/en/cep-scholarship/.

4. DAAD Scholarship

Beasiswa S3 di Jerman ini memang patut jadi pertimbangan nih, beasiswa yang akan segera dibuka ini biasanya menerima para calon awardee yang sudah mempunya pengalaman di bidang-bidang tertentu seperti bidang teknologi, ekonomi, dan peran sosial. Untuk mendapatkan beasiswa ini, kamu setidaknya sudah berada di level A2 untuk bahasa Jerman, 6 untuk IELTS, dan 550 untuk TOEFL. Jika kamu tertarik untuk mencari informasi lebih lanjut, kamu bisa mengunjungi situs DAAD Indonesia di https://www.daad.id/en/.

5. Art Major Asian Scholarship

Bagi kamu mahasiswa seni, beasiswa Art Major Asian ini adalah pilihan tepat buat kamu. Beasiswa ini akan memberikan kamu kesempatan untuk menempuh studi baik itu S1 maupun S2 di Korea Selatan, lebih tepatnya di Korea National University of Arts atau biasa disingkat menjaadi K-Arts. Beasiswa ini mengcover biaya kuliah, tiket pesawat pulang pergi, tunjangan bulanan, pelatihan bahasa korea, dan juga asuransi kesehatan. Untuk kamu mahasiswa seni, tunggu apalagi? Ayo siapkan portofolio terbaik kamu karena beasiswa ini akan segera dibuka. Kalau kamu tertarik menjadi awardee Art Major Asian Scholarship ini, kamu bisa menggali informasi lebih lanjut di https://overseas.mofa.go.kr/pg-en/brd/m_21234/view.do?seq=760218.

 

Penulis : Sri Indiani Fitri

Editor : Sakinah/Uke

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.