5 Bangunan Ikonik Kampus di Indonesia

Sebagai tempat yang dikenal sebagai pencetak generasi penerus bangsa, kampus tidak hanya dianggap memiliki suasana belajar yang menyenangkan tapi memiliki tempat yang nyaman untuk menimba ilmu. Beberapa kampus di Indonesia hadir dengan beberapa keunikan untuk menegaskan ciri dan kekhasan yang hanya ada di Indonesia. Yuk tilik 5 bangunan kampus unik ini, kampusmu kah salah satunya?

  1. The Crystal of Knowledge – Universitas Indonesia

Seperti namanya, bangunan ini berbentuk seperti Kristal yang menghadap atas dengan berbagai bentuk. Sebenarnya, gedung ini adalah perpustakaan dari Universitas Indonesia yang dibangun selama 6 bulan dan menghabiskan biaya sebesar Rp.170 miliar. Gedung perpustakaan ini memiliki seluas 2,5 hektar. Dengan luas dan desain yang sedemikian rupa, di dalamnya tidak hanya buku-buku saja namun beberapa spot menarik dari mulai café sampai wifi corner pun tersedia di gedung indah ini.

  1. New Media Tower – Universitas Multimedia Nusantara

Kampus yang terletak di Serpong ini memilliki konsep bangunan yang unik sekaligus berarsitektur ramah lingkungan. Bangunan gedung berlantai 12 ini bisa menghemat energi hingga 53,25 kWH untuk per meter persegi. Jika dilihat lebih jauh lagi, bangunan ini memiliki banyak sekali pori-pori cahaya yang membuat ruangan di dalamnya tersinari cahaya matahari dengan bagus sehingga penggunaan listrik bisa diredam, hal tersebutlah yang menobatkan gedung ini sebagai gedung yang ramah lingkungan.

  1. Menara Pinisi – Universitas Negeri Makasar

Bangunan yang berbentuk seperti ikonik dari Kota Makasar yaitu Perahu Pinisi Bugis membuatnya dinobatkan sebagai bangunan kampus unik urutan ketiga. Bentuk yang menyerupai kapal Pinisi ini seolah-olah menasbihkan UNM sebagai universitas dari Makasar dengan hanya melihat bangunan ini. Faktanya, jika malam hari lampu-lampu pada menara gedung di lantai 17 akan kerlap-kerlip menyala dengan 12 warna yang berbeda. Jumlah 12 warna lampu itu sendiri mewakili dari 12 jumlah fakultas yang ada di kampus UNM.

  1. Binus Alam Sutera – Binus

Bangunan kampus yang jika dilihat dari luar seperti kotak-kotak yang disusun ini memiliki fungsi yang tidak kalah unik. Kampus yang berlokasi di Alam Sutera, Tangerang ini sengaja membuat bangunannya berbentuk kotak tersusun agar pencahayaan matahari pada siang hari bisa maksimal. Budiman, sang arsitek menjelaskan jika konsep dari gedung ini sendiri adalah zonasi teratur, ramah lingkungan juga hemat energi.

  1. Sportorium – Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

Kampus yang berlokasi di Kasihan, Bantul ini memiliki bangunan serbaguna dan ikonik. Desain yang dilihat dari luar akan menimbulkan banyak persepsi, ada yang menganggap bangunan Sportorium ini berbentuk seperti keong, ada yang seperti cangkang. Namun, jika dilihat lebih mendalam, bangunan ini akan berbentuk seperti matahari yang terbit. Hal ini melambangkan semangat UMY salam mendidik dan menyebarkan syiar Islam di Indonesia

Itulah 5 bangunan kampus unik di Indonesia. Gimana? Kampusmu termasuk salah satu dari 5 bangunan ikonik ini? Share ya kalau kalian tau bangunan unik lain dari kampus di Indonesia di kolom komentar.

Sumber: http://www.belifurniture.com/

 

Penulis : Sibakhul Milad

Editor : Sakinah/Uke

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.