https://unsplash.com/@vantaymedia?utm_source=unsplash&utm_medium=referral&utm_content=creditCopyText

5 Alasan Penting Siapkan Portofolio Kerja

Photo by Van Tay Media on Unsplash

Portofolio menjadi salah satu hal penting yang harus kamu persiapkan jika ingin melamar pekerjaan. Bukan hanya Curriculum Vitae (CV) dan surat lamaran kerja yang harus kalian perhatikan dan persiapkan.

Portofolio ini merupakan ringkasan pengalaman kerja serta berbagai capaian yang telah didapatkan sebelumnya dan pastinya berhubungan dengan pekerjaan yang akan dilamar. Lantas, kenapa portofolio ini menjadi hal yang begitu penting selain CV dan surat lamaran? Untuk mengatasi rasa penasaranmu berikut penjelasannya.

Pertama, Menunjukkan Profesionalitas

Tidak dipungkiri bahwa melalui portofolio kamu akan terlihat lebih profesional di mata HRD saat melamar kerja. Lewat portofolio para rekruiter dapat mengetahui terlebih dahulu kualitas kemampuan kamu dan hal ini dapat menjadi daya tarik sendiri bagi rekruiter. Salah satu media yang dapat digunakan untuk membangun portofolio yaitu website. Melalui website kalian dapat berbagai portofolio tulisan, gambar, video dan lainnya kepada orang lain.

Kedua, Membuka Potensi untuk Mendapatkan Klien

Skill Share berpendapat bahwa peranan portofolio ini sangat penting bagi para freelance dalam mendapatkan klien. Hal ini disebabkan karena lewat portofolio yang telah kamu buat, klien dapat mengetahui karyamu secara langsung. Jika mereka tertarik dengan hasil kerjamu yang ditunjukkan dalam portofolio tersebut, mereka akan menghubungimu dan mengajak berkolaborasi dalam membangun sebuah proyek.

Ketiga, Membangun Personal Branding

Ketika kamu mempublikasikan portofoliomu, secara tidak langsung kamu menampilkan hasil karya yang ingin diperlihatkan kepada orang-orang lewat sebuah website. Dari hal tersebut lambat laun personal brandingmu akan terbangun lewat portofolio yang dibuat. Sebagai contoh ketika kamu memiliki skill sebagai seorang fotografer outdoor. Hasil fotomu kemudian kamu publikasikan di website atau akun media sosial khusus dan sudah dilihat oleh banyak orang. Saat banyak orang menyukai hasil karya fotografimu maka saat itulah mereka akan mengenalmu sebagai seorang fotografer. Dari proses tersebut juga tidak menutup kemungkinan kamu akan diundang untuk menjadi pembicara di berbagai seminar bertema fotografi.

Keempat, Mengekspolrasi Kreativitas

Sonia Cerezo pernah berkata melalui laman Forbes bahwa keindahan dalam sebuah portofolio terletak pada seseorang yang berhasil memamerkan bentuk karya terbaiknya kepada semua orang. Karya yang dihasilkan dapat berbentuk apapun seperti website, YouTube, podcast dan sebagainya. Lewat media-media itu kamu dapat mengekspolorasi diri dalam berkreasi untuk membuat portofolio agar terlihat bagus, menarik, dan berbeda dengan orang lain. Kreativitas menjadi skill utama yang harus terus ditingakatkan secara konsisten agar dapat membantu kamu dalam menggapai tujuan karir impian ke depannya.

Kelima, Mengasah Skill

Konsep ketika kamu membuat portofolio yaitu akan selalu ada perkembangan dari waktu ke waktu. Tidak mungkin kamu membuat portofolio yang sama dari sebelumnya karena akan sangat monoton. Untuk membuat format atau konsep yang berbeda dari protofolio sebelumnya, setidaknya kamu akan mengasah skillmu secara konsisten. Hal ini dikarenakan skill merupakan sesuatu yang dapat diasah dan bukan anugerah mutlak sejak lahir.

Nah, lima alasan tersebut adalah pentingnya portofolio untuk kamu persiapkan sejak menjadi mahasiswa. Melalui portofolio secara tidak langsung kamu akan mencoba untuk meningkatkan skill atau kemampuan kamu. Membangun portofolio itu sangat baik bila dilakukan dengan konsisten untuk melihat hasil baiknya di kemudian hari.

 

Sumber : https://www.rahmankamal.com

Jurnalis : Alimah Nur Kasanah

Editor    : Sakinah

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.