5 Alasan Mengapa Magang Itu Penting bagi Mahasiswa

Jika kamu seorang mahasiswa, informasi ini tepat untuk kamu ketahui sebelum lulus kuliah. Sebagai seorang mahasiswa pastinya kamu sudah tidak asing lagi dengan istilah magang atau internship. Terkadang, program ini diselenggarakan oleh pihak kampus kepada mahasiswanya di semester akhir untuk menambah pengalaman sebelum lulus kuliah. Akan tetapi, tidak jarang mahasiswa yang mencari sendiri program magang diluar program yang diselenggarakan oleh kampus.

 

Berikut merupakan alasan kenapa kamu harus mengikuti program magang sebelum lulus kuliah:

 

  1. Mengasah skill dan pengetahuan

Pada pelaksanaan program magang kamu mencoba belajar untuk membiasakan diri dan merasakan bagaimana berada dalam dunia kerja. Kamu akan lebih memahami bagaimana kompleksnya permasalahan-permasalahan di dunia kerja dan hal tersebut jelas berbeda dibandingkan dengan permasalahan ketika dibangku perkuliahan. Hal ini juga akan dapat mengasah kemampuan kamu untuk berkomunikasi dengan rekan kerja, presentasi di depan umum, hingga merasakan bagaimana ketatnya persaingan di dunia kerja.

 

  1. Memahami etika dan budaya dalam dunia kerja

Etika dan budaya kerja menjadi satu hal yang penting dan wajib untuk diketahui oleh semua tenaga kerja termasuk tenaga kerja magang. Kamu akan belajar bagaimana semestinya beretika dan berbudaya di tempat kerja, bagaimana peraturan pekerjaan itu diterapkan, memahami atmosfir kerja yang tentunya berbeda di perkuliahan. Pengalaman ini akan menjadi bekal yang sangat penting untuk kamu miliki sebelum benar-benar terjun di dunia kerja.

 

  1. Memperluas relasi dan pertemanan

Kita semua mengetahui bahwa relasi dalam dunia kerja merupakan hal yang sangat penting untuk mendapat pekerjaan. Pada saat magang, kamu akan berkesempatan untuk memperluas networking atau jaringan pertemanan yang mungkin nantinya akan berpengaruh terhadap karier kamu kedepannya. Ketika magang kamu perlu untuk menjadilin relasi dengan orang-orang penting yang memiliki banyak pengalaman dalam dunia kerja.

 

  1. Memperkaya CV

Pengalaman kerja dari program magang tertuang dalam curriculum vitae atau yang sering disingkat dengan CV. Hal ini juga dijadikan sebagai alasan banyak mahasiswa mengikuti berbagai program magang. Seorang pelamar pekerjaan juga akan lebih percaya diri ketika isi dari CV tertera banyak pengalaman yang dimiliki dan hal tersebut juga jauh lebih diprioritaskan di sebuah perusahaan.

 

  1. Berpeluang mendapat pekerjaan

Hal yang sering terjadi terhadap peserta magang yaitu peluang untuk bisa bekerja di perusahaan tersebut. Kesempatan tersebut bukan sesuatu yang mustahil ketika dalam pelaksanaan magang kamu dipertimbangkan karena pekerjaan kamu berkualitas, memiliki attitude yang baik, serta memiliki tanggungjawab terhadap tugas yang diberikan. Namun, hal ini juga tidak lah mudah. Kamu harus dapat menunjukkan kualitas kamu dengan bekerja lebih keras.

 

Kegiatan ini tentunya akan sangat bermanfaat bagi kamu setelah lulus kuliah nanti, karena hal ini dapat menunjang karier kamu dimasa mendatang. Beberapa perusahaan biasanya juga lebih memperioritaskan pelamar kerja yang memiliki pengalaman bekerja atau magang. Akan semakin baik lagi jika program magang yang diikuti relevan dengan latar belakang pendidikan dan perusahaan nantinya hendak kamu lamar.

 

Sumber Berita : https://yoursay.suara.com/

Jurnalis : Alimah Nur Kasanah

Editor : Aisyah Wahdania

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.