5 Alasan Kenapa Skill Public Speaking Itu Penting Untuk Mahasiswa!

Pernah tidak kamu merasa gugup saat harus presentasi di depan kelas? Atau bingung harus mengobrol tentang apa saat bertemu orang baru? Nah, itu artinya kamu sangat butuh yang namanya public speaking skills! Yuk, kita bahas kenapa sih skill ini sangat penting buat kamu yang masih mahasiswa.

1. Presentasi Tugas Jadi Lebih Percaya Diri

Siapa sih yang tidak pernah dapat tugas presentasi? Hampir setiap mata kuliah pasti memiliki tugas yang harus dipresentasikan. Dengan skill public speaking yang oke, kamu bisa tampil lebih percaya diri dan tidak grogi lagi! Selain itu, dosen juga pasti lebih impressed dengan cara kamu menyampaikan materi.

2. Membantu Kamu di Dunia Kerja

Percaya deh, skill public speaking tidak hanya bermanfaat di kampus, tapi juga sangat penting untuk kamu miliki saat sudah mulai terjun di dunia kerja nanti. Baik itu untuk interview kerja, meeting, atau bahkan pitching ide ke bos, public speaking skills akan membuat kamu standout diantara yang lain. Jadi, mulai sekarang asah skill ini biar siap tempur di dunia kerja!

3. Membangun Jaringan dan Relasi

Kuliah itu bukan hanya tentang belajar di kelas, tapi juga tentang networking. Dengan public speaking yang baik, kamu bisa lebih mudah berkomunikasi dengan teman baru, dosen, atau bahkan narasumber di seminar. Siapa tahu dari obrolan santai itu, kamu bisa dapat kesempatan magang atau pekerjaan yang keren!

4. Melatih Kemampuan Berpikir Kritis

Public speaking bukan cuma soal berbicara, tapi juga soal bagaimana kamu bisa menyampaikan ide secara jelas dan terstruktur. Ini akan sangat membantu kamu melatih cara berpikir kritis. Kamu jadi lebih jago dalam menyusun argumen, menjelaskan konsep, dan menjawab pertanyaan secara logis dan terarah.

5. Membuat Kamu Lebih Berkarisma

Orang yang jago public speaking biasanya punya karisma yang kuat. Mereka bisa menarik perhatian orang lain dan membuat audiens tertarik dengan apa yang mereka bicarakan. Dengan skill ini, kamu bisa jadi lebih berkarisma dan jadi pusat perhatian di berbagai kesempatan. Siapa sih yang tidak mau jadi pusat perhatian?

Bonus: Meningkatkan Kemampuan Leadership Public speaking juga erat kaitannya dengan leadership.

Seorang pemimpin harus bisa menyampaikan visi dan misi dengan jelas kepada timnya. Dengan public speaking skills yang baik, kamu bisa jadi calon pemimpin yang handal dan dihormati. Jadi, gimana guys? Yuk, mulai asah public speaking skills kamu dari sekarang. Ikutan seminar, ikut klub debat, atau latihan presentasi di depan kaca. Semakin sering kamu latihan, semakin jago kamu nanti. Public speaking bukan cuma untuks mereka yang sudah jago berbicara di depan umum, tapi juga untuk semua orang yang mau belajar dan berkembang. Keep speaking up and shine bright, fellas!

 

Penulis : Amalia Zahara

Editor : Sakinatudh Dhuhuriyah

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *