4 Trik Mudah Membuat Karya Ilmiah

Di bangku perkuliahan pasti kita tidak asing dengan membuat sebuah tulisan, entah menulis tugas kuliah, essay, penelitian, karya ilmiah ataupun skripsi. Tentunya dengan menulis kita akan mendapatkan banyak sekali manfaat. Salah satunya dapat membuat otak kita menjadi lebih peka terhadap situasi dan keadaan sekitar kita. Nah, berikut trik mudah dalam menulis sebuah karya ilmiah :

1. Carilah Topik yang disukai

Mencari ide atau topik yang tepat untuk suatu tulisan sesuai dengan hal yang menjadi kesukaan kita sangatlah penting untuk dilakukan agar tulisan bisa sesuai yang diinginkan. Dalam pemilihan topik ada yang perlu diperhatikan. Apakah topik yang kita pilih sudah sesuai dengan yang kita sukai. Dalam pemilihan topik juga kita harus melihat apakah ada sesuatu yang dapat dipelajari dari topik tersebut. Terakhir, kita juga perlu tahu apakah topik yang kita pilih merupakan hal yang luas atau sudah spesifik.

2. Carilah Sumber Data yang valid untuk Mengembangkan Topik yang Telah Kita Pilih

Setelah mendapatkan topik yang sesuai, langkah selanjutnya kita perlu mencari bahan tulisan dari sumber-sumber yang valid dan terpercaya. Sumber data bisa berupa buku, laporan penelitian atau kegiatan, jurnal, majalah, surat kabar, ataupun tabloid. Saat ini sumber data pun sudah semakin mudah kita dapatkan melalui media online.

3. Waktunya Menulis

Setelah merasa cukup dalam mengumpulkan data, tentunya waktunya untuk menulis. Jangan biasakan untuk menunda ketika sedang semangat-semangatnya menulis. Karena kita bisa kehilangan mood jika terlalu lama menunda menulis. Biasakan langsung mencatatnya bila muncul sebuah ide.

4. Baca Ulang dan Revisi

Pada tahap terakhir dari penulisan karya ilmiah kita perlu menelitinya dengan membacanya berulang kali agar meminimalisir typo atau terdapat kalimat yang perlu diperbaiki kembali.

Itulah trik mudah mengerjakan karya ilmiah, selamat menulis.

 

Penulis : Alim Javier Ardyansyah

Editor : Sakinah/Uke

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.