4 Sebab Yang Membuat Kamu Gugup Menjelang Ujian Skripsi

Menjelang dilaksanakannya sidang skripsi sangat wajar rasanya jika kamu merasa gugup dan overthinking dengan apa yang akan terjadi saat sidang. Merasa takut akan mendapatkan pertanyaan di luar kemampuan untuk menjawabnya, takut mendapatkan banyak revisi dan masih banyak kekhawatiran lainnya. Nah berikut ini merupakan beberapa sebab yang membuat kamu menjadi gugup saat menjelang ujian skripsi:

1. Kurang Menguasai Materi

Faktor pertama inilah yang paling sering dialami oleh para pejuang skripsi menjelang dilaksanakannya ujian. Kurangnya menguasai materi skripsi secara menyeluruh membuatmu menjadi semakin khawatir akan mendapatkan pertanyaan yang diberikan oleh dosen penguji. Sehingga, setidaknya kamu sudah membaca keseluruhan isi skripsimu dan mencoba memprediksi pertanyaan apa yang kira-kira akan keluar.

2. Kurangnya Persiapan Mental

Persiapan mental juga salah satu faktor yang penting untuk menghadapi ujian skripsimu. Beberapa caranya dengan perbanyak beribadah, berdo’a agar diberikan kelancaran dan kemudahan, serta memberikan sugesti positif pada dirimu sendiri. Dengan begitu kamu bisa menjadi lebih tenang dan santai saat persiapan sidang.

3. Terlalu Overthinking

Lakukan persiapanmu dengan sebaik mungkin dan jangan terlalu memikirkan hal yang sekiranya mustahil untuk terjadi. Mungkin kamu terlalu khawatir dengan cerita-cerita dari orang yang sudah mengalami ujian skripsi, akan tetapi tidak semua orang akan mengalami hal yang sama. Sehingga yang perlu kamu lakukan hanyalah fokus terhadap apa yang ada di depanmu. Buat slide presentasi yang tidak bertele-tele dan menarik agar penguji mudah memberikan penilaian terhadap presentasimu.

4. Kurang Mengenali Karakter Dosen Penguji

Setiap dosen penguji tentunya memiliki karakter yang berbeda-beda. Penting bagimu untuk bertanya kepada teman atau siapapun tentang karakter dosen pengujimu. Supaya kamu bisa menyiapkan langkah antisipatif untuk menghadapi dosen penguji dan sidang berjalan dengan lancar.

Nah boleh juga kalau kamu masih memiliki waktu luang untuk membuat simulasi sidang untuk latihan menjawab dan presentasi hasil dari skripsimu.

 

Penulis : Alim Javier Ardyansyah

Editor : Sakinah

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.