4 Platform Publikasi Tulisan Gratis

Kamu hobi menulis, tapi tidak tahu akan dipublikasikan dimana? Atau kamu sedang kesulitan mencari platform atau aplikasi publikasi tulisan yang gratis?

Kini kamu tidak perlu khawatir lagi akan mempublikasikan karya tulismu dimana. Beranda Kampus akan merangkumkan empat platform publikasi tulisan gratis yang bisa kamu manfaatkan. Sebab jangan sampai tulisan-tulisanmu yang sangat bagus dan kreatif itu terendap begitu saja di dalam file-file komputermu atau note-note Hp mu.

Pertama, Wattpad

Wattpad merupakan aplikasi untuk membaca ataupun menulis karya tulis dalam bentuk artikel, novel, puisi, cerita pendek atau tulisan sejenisnya. Aplikasi ini sudah cukup populer dan sudah tidak asing lagi bagi para penulis. Banyak sekali penulis yang telah menerbitkan buku mereka baik secara fisik maupun e-book dan tidak sedikit dari mereka yang berhasil menjadi best seller.

Almira Bastari dan Valerie Patkar salah seorang yang sukses menjadi best seller dengan karyanya yang berjudul “Resign!” dan “Claires”. Hingga kini Wattpad memiliki 100 juta cerita yang bisa dibaca setiap hari secara online melalui aplikasi.

Kedua, Storial.co

Storial.co adalah salah satu situs menulis online di Indonesia yang dibuat dengan tujuan untuk melahirkan banyak penulis-penulis baru. Beberapa bulan setelah peluncuran Storial.co ini sudah memiliki lebih dari 500 judul cerita. Aplikasi ini juga memiliki komunitas menulis sehingga bagi kalian yang bingung mencari inspirasi atau berdiskusi dengan sesama penulis, kamu dapat bergabung dalam komunitas di Storial.co.

Storial.co juga memiliki tampilan desain yang modern dan keren sehingga hal ini menjadi kelebihan tersendiri bagi para penggunanya. Selain itu banyak fitur khusus yang dirancang oleh Storial.co untuk membuat interaksi secara online antar penulis dengan pembaca.

Ketiga, JotterPad

JotterPad merupakan salah satu aplikasi yang cocok sekali digunakan untuk para penulis yang ingin menulis novel, puisi, lirik lagu hingga artikel. Aplikasi ini memiliki desain yang user-friendly sehingga mudah digunakan oleh siapa pun di mana pun dan kapan pun. JotterPad juga memberikan keleluasaan bagi kalian untuk dapat mempublikasikan karya melalui berbagai format seperti txt, pdf, markdown, hingga docx.

Selain itu font tulisan yang ditampilkan juga memiliki banyak pilihan dan enak dibaca sehingga kalian juga akan mendapatkan sensasi membaca secara online layaknya membaca dari buku fisik.

Keempat, Penana

Aplikasi Penana merupakan aplikasi yang tergolong baru di antara aplikasi sejenis lainnya. Penana menyediakan fitur menulis yang cukup unik dan jarang dimiliki aplikasi menulis lainnya yaitu fitur lomba menulis rutin yang disebut NaNoWrimo. Cara penggunaan aplikasi ini mudah dan kalian juga akan dapat notifikasi dalam setiap komentar pada tulisan kalian. Pada Penana, kalian juga dapat menggunakan fitur yang dapat menampilkan trending topic yang sedang hangat diperbincangkan. Aplikasi ini terbilang aplikasi dengan fitur yang paling beragam dan menarik.

Semakin hari perkembangan zaman membawamu sebagai mahasiswa lebih mudah dalam melakukan berbagai hal termasuk publikasi tulisan-tulisanmu. Aktif dalam menulis dapat ditunjukkan melalui publikasi hasil tulisan di berbagai media seperti empat media di atas yang dapat dengan mudah untuk dioperasikan. Jadi, udah nggak ada alasan lagi untuk kamu dalam mempublikasikan hasil tulisan-tulisan kreatif kalian.

 

Sumber : https://www.gramedia.com/blog/

Jurnalis : Alimah Nur Kasanah

Editor   : Sakinah

Related Posts

3 thoughts on “4 Platform Publikasi Tulisan Gratis

Leave a Reply

Your email address will not be published.