4 Kategori Beasiswa Targeted LPDP

Beasiswa LPDP atau Beasiswa Yayasan Pendidikan adalah program beasiswa yang dibiayai oleh pemerintah dengan menggunakan Dana Pembangunan Pendidikan Nasional atau DPPN. Khususnya, Kementerian Keuangan (Kemenkeu) mendanai pendidikan untuk mendukung calon mahasiswa yang ingin melanjutkan studi ke jenjang Magister dan Doktoral melalui Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP).

Beasiswa LPDP sendiri mempunyai beberapa kategori untuk masing-masing target pendaftarnya. Secara kategori besar beasiswa LPDP dibagi menjadi; Beasiswa Umum, Beasiswa Targeted, Beasiswa Afirmasi, dan Beasiswa Kolaborasi. Pada masing-masing kategorinya memiliki perbedaan dalam hal syarat pendaftaran pagi para pendaftarnya.

Untuk kategori Beasiswa Umum ada empat kategori secara spesifik yakni diantaranya; Beasiswa PNS, TNI, dan POLRI; Beasiswa Kewirausahaan; Beasiswa Kerja Sama Bidang Metalurgi dan Sains Material; dan Beasiswa Pendidikan Kader Ulama. Berikut ini adalah penjelasan masing-masing kategorinya;

  1. Beasiswa PNS, TNI, dan POLRI
    1. Beasiswa PNS/TNI/POLRI  diperuntukkan bagi Pegawai Negeri Sipil/Anggota TNI/POLRI yang telah menyelesaikan studi program diploma empat (D4) atau sarjana (S1) untuk beasiswa magister atau menyelesaikan studi program magister (S2) untuk beasiswa Doktor.
    2. Memenuhi ketentuan batas usia pendaftar pada 31 Desember di tahun pendaftaran yaitu: (a) Pegawai Sipil Negara (PNS) paling tinggi berusia 37 (tiga puluh tujuh) tahun untuk pendaftar jenjang pendidikan magister dan 42 (empat puluh dua) tahun untuk pendaftar jenjang pendidikan doktor. (b) Pegawai Sipil Negara (PNS) dengan jabatan fungsional sebagai Peneliti/Perekayasa/Medis/Paramedis/Pendidik paling tinggi 42 (empat puluh dua) tahun untuk jenjang pendidikan magister dan 47 (empat puluh tujuh) tahun untuk jenjang pendidikan doktor. (c) Anggota TNI atau anggota POLRI paling tinggi 40 (empat puluh).
    3. Pendaftar jenjang Magister memiliki Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) pada jenjang studi sebelumnya sekurang–kurangnya 3,00 pada skala 4,00 atau setara yang dibuktikan dengan transkrip nilai asli atau telah dilegalisir. (a) Pendaftar jenjang Doktor memiliki Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) pada jenjang studi sebelumnya sekurang–kurangnya 3,25 pada skala 4,00 atau yang setara yang dibuktikan dengan transkrip nilai asli atau salinan yang telah dilegalisir. (b) Khusus untuk pendaftar jenjang Doktor dari anggota TNI atau anggota POLRI memiliki Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) pada jenjang studi sebelumnya sekurang – kurangnya 3,00 pada skala 4,00 atau yang setara yang dibuktikan dengan transkrip nilai asli atau salinan yang telah dilegalisir. (c) Khusus Pendaftar jenjang Doktor dari program magister penelitian tanpa IPK, wajib melampirkan surat keterangan dari perguruan tinggi asal.
    4. Pendaftar program magister dalam negeri skor minimal kemampuan bahasa Inggris TOEFL ITP® 500, TOEFL iBT® 61, PTE Academic 50, IELTS™ 6,0. Pendaftar program magister luar negeri, skor minimal kemampuan bahasa Inggris TOEFL iBT 80, PTE Academic 58, IELTS™ 6,5. Pendaftar program doktor dalam negeri skor minimal kemampuan bahasa Inggris TOEFL ITP® 530, TOEFL iBT® 70, PTE Academic 50, IELTS™ 6,0. Pendaftar program doktor luar negeri skor minimal kemampuan bahasa Inggris TOEFL iBT® 80, PTE Academic 58, IELTS™ 6,5.
  2. Beasiswa Kewirausahaan
    1. Beasiswa Pendidikan Indonesia Kewirausahaan selanjutnya disebut BPI Kewirausahaan adalah beasiswa jenjang magister luar negeri yang diperuntukkan bagi warga negara Republik Indonesia yang bergerak dalam bidang kewirausahaan. Diperuntukan Warga Negara Indonesia yang telah menyelesaikan studi program diploma empat (D4) atau sarjana (S1). Pendaftar yang telah menyelesaikan studi magister (S2) tidak diizinkan mendaftar.
    2. Memenuhi ketentuan batas usia pendaftar pada 31 Desember di tahun pendaftaran paling tinggi berusia 35 (tiga puluh lima) tahun.
    3. Mengunggah dokumen Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) dengan ketentuan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) pada jenjang studi sebelumnya (diploma empat (D4) atau sarjana (S1) sekurang – kurangnya 2,50 pada skala 4,00 atau yang setara yang dibuktikan dengan transkrip nilai asli atau telah dilegalisir.
    4. Memiliki sertifikat bahasa Inggris yang masih berlaku dan diterbitkan oleh ETS (www.ets.org), PTE Academic (www.pearsonpte.com) atau IELTS (www.ielts.org) dengan ketentuan memiliki skor minimal kemampuan bahasa Inggris TOEFL iBT® 61, PTE Academic 65 atau IELTS™ 6,0.
  3. Beasiswa Kerja Sama Bidang Metalurgi dan Sains Material
    1. Telah menyelesaikan studi pada program diploma empat (D4) atau sarjana (S1). Pendaftar diutamakan lulusan dari program studi Kimia, Teknik Kimia, Fisika, Material Science, Teknik Material, Metalurgi, Teknik Pertambangan, Teknik Mesin, Teknik Industri, Teknik Produksi, dan Teknik Manufaktur.
    2. Memenuhi ketentuan batas usia pendaftar per 31 Desember tahun pendaftaran paling tinggi 35 tahun untuk pendaftar dari masyarakat umum dan paling tinggi 37 tahun untuk pendaftar dari PNS, dan 42 tahun untuk pendaftar PNS Fungsional dengan latar belakang peneliti/perekayasa/medis/paramedis/pendidik.
    3. Mengunggah dokumen Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) pada jenjang studi sebelumnya sekurang-kurangnya 3,00 pada skala 4,00 atau yang setara dibuktikan dengan transkrip nilai asli atau telah dilegalisir.
    4. Skor minimal kemampuan bahasa Inggris TOEFL iBT® 85 atau IELTS™ 6.0.
  4. Beasiswa Pendidikan Kader Ulama
    1. Warga Negara Indonesia yang telah menyelesaikan studi program diploma empat (D4) atau sarjana (S1) untuk beasiswa magister; program magister (S2) untuk beasiswa doktor.
    2. Memenuhi ketentuan batas usia pendaftar per 31 Desember di tahun pendaftaran sebagai berikut: (a) Pendaftar jenjang magister paling tinggi 40 (empat puluh) tahun. (b) Pendaftar jenjang doktoral paling tinggi 45 (empat puluh lima) tahun.
    3. Mengunggah dokumen Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) dengan ketentuan sebagai berikut: (a) Pendaftar jenjang magister memiliki Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) pada jenjang studi sebelumnya sekurang-kurangnya 3,00 pada skala 4 atau yang setara yang dibuktikan dengan transkrip nilai asli atau telah dilegalisir. (b) Pendaftar jenjang doktoral memiliki Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) pada jenjang studi sebelumnya sekurang-kurangnya 3,25 pada skala 4 atau yang setara yang dibuktikan dengan transkrip nilai asli atau telah dilegalisir.
    4. Memiliki sertifkat Bahasa Inggris dengan ketentuan; (a) Pendaftar program magister  skor minimal kemampuan bahasa Inggris TOEFL ITP® 400, TOEFL iBT® 33, PTE Academic 30, IELTS™ 4.5, Duolingo English Test 65, TOEP 36. (b) Pendaftar program doktor skor minimal kemampuan bahasa Inggris TOEFL ITP® 450, TOEFL iBT® 45, PTE Academic 36, IELTS™ 5.0, Duolingo English Test 75, TOEP 46.

Nah itu dia empat kategori beasiswa targeted LPDP. Dari keempat kategorinya masing-masing memiliki perbedaan dalam persyaratan untuk masing-masing pendaftarnya. Sebelum kamu melamar beasiswa LPDP cermati lebih lanjut masing-masing kategorinya ya!

 

Sumber          : https://lpdp.kemenkeu.go.id/

Jurnalis          : Alimah Nur Kasanah

Editor              : Sakinah

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.