4 Fitur Editing Video Dalam Smartphone Untuk Permudah Tugas Kuliahmu

Seiring perkembangan zaman dan teknologi, segala lini kehidupan termasuk lini pendidikan juga terus mengalami perubahan dan kemajuan. Salah satu perubahan yang terasa adalah semakin beragamnya tugas-tugas sekolah atau kuliah yang mengharuskan siswa atau mahasiswanya untuk selalu akrab dengan teknologi. Misalnya saja tugas pembuatan video atau editing video yang sering dijumpai oleh kalangan mahasiswa.

Tentu bagi mahasiswa yang memiliki kelengkapan fasilitas alat elektronik seperti laptop atau personal computer (PC) tidak akan merasa kesulitan. Namun bagaimana dengan mereka yang terbatas oleh kelengkapan alat elektronik? Jawabannya, tidak perlu cemas dan berkecil hati. Kamu bisa memanfaatkan keberadaan smartphone milikmu sebagai alat pembuatan atau editing video. Teknologi sudah semakin maju dan canggih, maka fitur-fitur video pun kini semakin mudah kamu akses melalui smartphone.

Berikut 4 pilihan fitur editing video yang bisa kamu pilih dan coba untuk menyelesaikan tugas pembuatan dan editing video kamu.

1. Inshot

Aplikasi edit video InShot termasuk yang cukup populer baik untuk Android maupun iPhone (iOS). Aplikasi video editor ini cukup digemari mungkin alasannya karena fitur di dalamnya yang cukup banyak, desain aplikasi yang mudah dipahami, dan bisa dipakai gratis meskipun ada iklan. Bahkan hal yang menarik adalah watermark bawaan dari aplikasi dapat dihilangkan.

Selain itu, InShot juga menyediakan fitur edit foto. Sebagaimana pada saat baru pertama membuka InShot, akan muncul pilihan tiga menu dua di antaranya, yakni Photo, dan juga Collage. Jadi, kamu bisa menggabungkan beberapa gambar menjadi satu gambar dengan menggunakan menu Collage.

2. VN (VlogNow)

VN atau yang memiliki nama lengkap VlogNow ini memiliki berbagai fitur menarik dan juga terbilang mudah digunakan. Aplikasi ini juga dapat didownload menggunakan Android ataupun iPhone (iOS).

Aplikasi ini menyediakan fitur seperti mempercantik video yang sedang diedit dengan menambahkan musik, stiker, background, dan lain sebagainya. Bahkan aplikasi ini juga tidak memiliki watermark bawaan. Jadi, hasil Vvdeo yang telah diedit menjadi terlihat asli (original look).

Bagaimanapun, aplikasi ini merupakan aplikasi yang tergolong sangat familiar di kalangan mahasiswa biasanya.

3. KineMaster

Aplikasi ini identik dengan mereka yang profesional di bidang editing. Meskipun demikian aplikasi ini juga populer, sebab biasanya aplikasi ini digunakan melalui PC. KineMaster menyajikan pengeditan granular bingkai demi bingkai, pratinjau instan prarender dan dukungan hingga empat trek audio serta klip audio tak terbatas.

Aplikasi ini dapat dinikmati secara gratis di iPhone, iPad, dan Android. Namun, sayangnya kamu tidak dapat leluasa menggunakan seluruh fitur dalam aplikasi, sebab aplikasi ini termasuk aplikasi berbayar. Sebagaimana kamu harus mengupgrade aplikasi menjadi perangkat pro terlebih dahulu.

Tapi, tidak masalah kamu masih dapat menggunakan aplikasi ini untuk mengedit video kamu. Meskipun untuk penggunaan fiturnya terbatas.

4. Adobe Premiere Clip

Aplikasi ini adalah aplikasi yang bisa dikatakan sangat lengkap. Aplikasi ini memungkinkan pengguna membuat video dengan cepat, baik dengan fungsi pengeditan otomatis atau fitur pengeditan khusus yang lebih canggih.

Premier Clip terintegrasi dengan produk Adobe lainnya seperti Premier Pro, Lightroom dan Capture CC. Aplikasi ini gratis dan dapat digunakan di iPhone, iPad, maupun Andoid.

Nah, Setelah mengetahui aplikasi-aplikasi di atas kamu tidak perlu khawatir. Kini kamu bisa dengan mudah mengedit video hanya melalui smartphone. Selamat Mencoba.

 

Penulis : Gina Fauziyah

Editor : Sakinah

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.