4 Cara Meningkatkan Fokus Saat Mengerjakan Tugas

Namanya mahasiswa pasti tidak asing dengan tugas-tugas yang didapat dari perkuliahan. Tugas yang diberikan dosen pun beragam, ada yang bisa dikerjakan dengan santai, ada pula yang membutuhkan konsentrasi ekstra untuk mengerjakannya. Bahkan ada yang butuh tempat sunyi dan menyendiri untuk mengerjakan tugas dengan fokus. Ada banyak tipe mahasiswa dalam mengerjakan tugas sesuai dengan kadar kenyamanannya masing-masing. Nah berikut ini beberapa cara untuk meningkatkan fokus saat mengerjakan tugas.

1. Carilah Tempat Kerja Ternyamanmu

Tempat yang nyaman akan meningkatkan mood kamu untuk bisa lebih fokus. Ketika kamu butuh tempat yang tenang dan mudah mendapatkan refrensi buku atau jurnal kamu bisa mengerjakan tugasmu di perpustakaan. Atau kalau kamu terbiasa mengerjakan tugas dibarengi dengan kopi dan cemilan kamu bisa memilih kafe atau yang lainnya. Yang terpenting jadikan tempat mengerjakanmu menjadi tempat yang nyaman dan bisa fokus.

2. Sebisa Mungkin Menjauhi Hal yang Bisa Membuat Konsentrasimu Buyar

Manusia normal biasanya bisa fokus pada satu hal. Nah dalam mengerjakan tugas sebaiknya kamu tidak menyambi pekerjaan dengan menonton YouTube atau bahkan streaming film. Karena jelas itu akan membuyarkan konsentrasimu dalam mengerjakan tugas.

3. Biasakan Berfikir Positif

Berpikiran positif (positive thinking) memang kamu butuhkan agar kamu bisa yakin apa yang kamu kerjakan bisa berjalan dengan baik. Lebih baik lagi kalau kamu selalu melatih pikiranmu untuk selalu berpikir positif dalam segala situasi, karena itu berpengaruh untuk kestabilan kinerja atau performamu.

4. Buat Target

Dalam mengerjakan tugas, kamu juga harus membuat target. Misalnya untuk tugas satu, apakah harus selesai saat itu juga, atau juga ketika 2 jam tidak selesai bisa dihentikan dan melakukan tugas lainnya. Dengan membuat target ini, kamu bisa memprioritaskan tugas – tugas apa yang paling prioritas dan belum terlalu prioritas. Jadi dengan begitu, tugas – tugas ini akan bisa dikerjakan sesuai waktu yang kamu perhitungkan.

 

Penulis : Alim Javier Ardyansyah

Editor : Sakinah/Uke

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.