4 Cara Menghasilkan Uang Bagi Mahasiswa

Bagi kalian mahasiswa baru yang baru masuk di universitasnya masing-masing mungkin ada yang punya rencana untuk bisa mencari uang jajan tambahan di masa kuliahnya. Atau diantara kalian mungkin saat ini sedang menggebu-gebu untuk bisa mendapatkan uang atau menabung uang dari hasil jerih payah kalian sendiri di luar dari status kalian sebagai mahasiswa. Itu semua tentunya bukan perkara yang mustahil untuk dilakukan. Kalian juga bisa mendapatkan uang jajan tambahan karena sudah bukan zamannya lagi yang namanya mahasiswa hanya bisa belajar di kelas dan organisasi. Lebih keren lagi kalau kalian juga sejak dini sudah membangun karir dan portofolio kalian dengan melakukan pekerjaan-pekerjaan sampingan seperti freelance di sela-sela waktu kosong kalian.

Pertama, menjadi seorang Script writer atau penulis konten lepas buat kalian para mahasiswa yang suka nulis. Nah ini pekerjaan cocok banget buat kalian yang bisa membuat naskah tulisan untuk orang-orang yang membutuhkannya di internet. Contohnya seperti dialog sebuah konten YouTube atau video company profile dan mereka dibayar untuk itu. Untuk 1 script konten saja itu bisa dihargai dari Rp 50.000 sampai Rp 300.000 tergantung seberapa bagus dan sulit dalam pengerjaannya. Andaikan untuk setiap karya tulisan kalian dihargai Rp 100.000 per- tulisan dan kamu bisa menulis 10 tulisan dalam satu bulan setidaknya kamu sebagai pelajar sudah bisa menghasilkan Rp 1.000.000 per bulan, cukup lumayan bukan?! Selain itu juga bisa untuk menjadi penulis artikel atau karya tulisan yang seru untuk bisa dijual kepada para pembaca di internet. Untuk satu karya bisa dihargai Rp 20.000 sampai Rp 100.000 tergantung seberapa orang suka dan membacanya.

Kedua, menjadi Freelance di dunia kreatif yaitu seorang videografer fotografer atau video editor. Nah buat kalian anak multimedia atau design digital creative, ini adalah pekerjaan freelance yang cocok banget buat kalian. Dimana hobi yang kamu lakukan akan dibayar untuk itu. Untuk menjadi videografer wedding saja dalam satu hari kalian bisa dibayar Rp 200.000 sampai Rp 2.000.000 tergantung sebesar apa acaranya. Untuk menjadi fotografer seperti buku tahunan sekolah ataupun pra wedding itu bisa mendapatkan Rp 500.000 sampai Rp 3.000.000 per project. Untuk menjadi video editor konten, kalian bisa dibayar dari Rp 70.000 sampai Rp 500.000 per konten.

Ketiga, menjadi freelance sebagai guru privat. Buat kalian para mahasiswa yang cukup pintar di salah satu bidang pelajaran, kalian bisa tuh mengajar privat untuk anak-anak SD, SMP, atau SMA. Bahkan saat ini karena sudah mulai terbiasa dengan proses belajar mengajar secara online, kalian juga bisa mengajar menjadi guru online dan bergabung dengan beberapa platform belajar online. Biasanya bisa dibayar hingga Rp 200.000 untuk 1 hari pertemuan.

Keempat, Content Creator adalah salah satu pilihan untuk menjadi freelance. Pembuat konten YouTube misalnya, bisa banget kalian coba. Dengan membuat konten seru yang bisa ditonton oleh banyak orang di YouTube. Walaupun untuk mendapatkan iklan dalam konten YouTube tidak semudah yang dibayangkan, namun pekerjaan freelance satu ini tetap bisa kalian coba. Sebagai pembuat konten kalian harus melalui fase dengan jumlah subscriber dan penonton tertentu. Lakukan karena kalian suka dan jangan berfokus pada uang, karena nantinya uang akan mengikuti. Pendapatan content creator sendiri bisa didapatkan melalui tiga hal. Pertama adsense atau iklan, lalu kerjasama brand yang ingin masuk ke video kalian, dan juga license kalau kalian mengupload karya kalian tapi menggunakan musik atau lagu yang dipakai di mana-mana.

Itu dia beberapa pilihan kamu sebagai mahasiswa yang ingin memiliki sambilan yang dapat menghasilkan uang.

 

Penulis : Alim Javier Ardyamsyah

Editor : Sakinah

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.