4 Alasan Mahasiswa Fresh Graduate Sulit Untuk Mendapatkan Pekerjaan

Salah satu impian mahasiswa adalah mendapatkan pekerjaan yang sesuai setelah lulus dari kuliahnya. Bahkan akan menjadi sebuah kebanggaan jika sudah memiliki pekerjaan tanpa jeda lama sejak diwisuda. Akan tetapi dalam realitanya, harapan tersebut tidak mudah untuk didapatkan. Banyak dari Fresh Graduate kesulitan dan bersusah payah untuk mendapatkan sebuah pekerjaan yang mereka harapkan.

Bahkan tidak sedikit dari mahasiswa yang baru menyelesaikan studinya harus mencari pekerjaan di luar dari bidang yang dipelajari di masa kuliahnya. Untuk kalian para fresh graduate atau yang akan menyelesaikan studi, tidak ada salahnya untuk mengetahui sebab sulitnya Fresh Graduate untuk mendapatkan pekerjaan.

1. Melamar Pekerjaan Tidak Sesuai Dengan Kualifikasi

Setiap pekerjaan pasti memiliki kualifikasinya masing-masing. Akan ada kualifikasi yang perlu dipenuhi. Sebagai contoh, jangan sampai seorang Fresh Graduate melamar posisi pekerjaan yang membutuhkan pengalaman kerja bertahun-tahun. Tentunya sudah jelas kalian akan kalah dalam bersaing dengan pelamar yang sudah memiliki pengalaman kerja.

2. Terlalu Memilih dalam Pekerjaan

Terlalu memilah dan memilih pekerjaan juga merupakan hal yang kurang baik. Terutama jika hanya beralasan gaji yang tidak sesuai dengan yang diinginkan. Alangkah baiknya jika kalian mengambil kesempatan pekerjaan yanga ada di depan mata. Selain untuk sebuah pengalaman, juga dapat digunakan untuk sebuah batu lompatan untuk ke jenjang karir selanjutnya.

3. Membuat CV yang Kurang Menarik

Dalam proses melamar pekerjaan tentunya melalui berbagai macam tahapan. Salah satunya adalah seleksi berkas. Tim penyeleksi akan melihat CV yang kalian kirim terlebih dahulu. Apabila CV kalian kurang menarik maka secara otomatis berkas kalian yang lainnya akan disingkirkan dan tidak akan lolos ke tahap seleksi berikutnya. Maka tampilan dan konten CV juga harus kalian perhatikan.

4. Malas

Kalau yang satu ini tidak perlu didebatkan lagi mengapa menjadi salah satu sebab sulitnya Fresh Graduate untuk mendapatkan pekerjaan. Akan tetapi justru hal inilah yang paling banyak dialami oleh kebanyakan orang. Terutama yang terbiasa hidup rebahan di atas Kasur. Hanya ada satu pesan untuk kaum pemalas.”Berubahlah”.

 

(Alim Javier Ardyansyah)

Editor : Sakinah/Uke

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.