3 Universitas di Eropa dengan Mahasiswa Internasional Terbanyak

Ketika memutuskan untuk melanjutkan pendidikan di luar negeri, banyak sekali faktor-faktor yang harus dipertimbangkan ketika memilih kampus tujuan, seperti ranking kampus, program yang ditawarkan, daftar para dosen, akreditasi kampus, kebudayaan di dalamnya, dan masih banyak faktor lainnya. Budaya kampus merupakan salah satu faktor yang penting, apakah kampus tersebut menjunjung keberagaman atau tidak. Hal ini sangat penting karena kenyamanan ketika belajar sangatlah penting, apalagi dengan fakta mahasiswa Indonesia yang melanjutkan studi keluar negeri sangatlah beragam serta berasal dari ras dan suku yang berbeda-beda.

Satu hal yang bisa membuktikan bahwa ada atau tidaknya keberagaman di suatu kampus adalah jumlah dari mahasiswa internasional yang dimiliki. Kampus-kampus yang memiliki banyak mahasiswa internasional secara tidak langsung membuktikan bahwa kampus tersebut sangat menghargai keberagaman dan perbedaan, banyak mahasiswa dari seluruh belahan dunia bisa melanjutkan pendidikan di kampus tersebut dengan nyaman. Di bawah ini, merupakan tiga universitas di Eropa dengan jumlah mahasiswa internasional terbanyak berdasarkan lembaga survei Times Higher Education.

  1. ETH Zurich
Sumber: scholarsofficial.com

Yang pertama adalah ETH Zurich, universitas ini berada di kota terbesar di Swiss. Kota Zurich, dimana universitas ini berada terkenal dengan keamanan dan keindahan alamnya, sehingga disebut sebagai jantungnya Eropa, tentu tidak heran ETH Zurich ini menjadi rumah bagi para mahasiswa internasional. Hal ini terbukti dengan adanya lebih dari 22.000 mahasiswa internasional yang berasal dari 120 negara di seluruh dunia menempuh studinya di universitas ini yang merupakan almamater dari jenius tersohor, Albert Einstein.

2. University of Oxford

Sumber: konsultanpendidikan.com

Universitas selanjutnya yang memiliki jumlah mahasiswa internasional terbanyak adalah University of Oxford. Universitas terbaik dunia ini membuktikan keberagamannya dengan memiliki mahasiswa yang berasal dari lebih 160 negara dari seluruh belahan dunia. Kampus ini pun menjalin kerja sama dengan berbagai lembaga, universitas, dan institusi dari seluruh dunia.

3. Imperial College London

Sumber: konsultanpendidikan.com

Di daftar terakhir universitas dengan mahasiswa internasional terbanyak di Eropa adalah universitas yang berlokasi di ibu kota Inggris, yaitu Imperial College London. Universitas prestisius yang sukses menduduki universitas terbaik nomor 7 dunia versi QS World University Rankings 2022 ini memiliki lebih dari 60% mahasiswa internasional yang berasal dari 125 negara di dunia.

Nah itulah tiga universitas di Eropa yang memiliki daftar mahasiswa internasional terbanyak. Ketiga universitas tersebut sangat menjunjung tinggi diversity di lingkungan kampus, bahkan deretan universitas di atas memiliki beragam organisasi, kegiatan, dan hal lainnya yang mendukung kenyamanan belajar para mahasiswa perantau.

 

Penulis : Sri Indriani Fitri

Editor : Sakinah

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.