3 Universitas Dengan Catatan Rekor Saat Masa Perkenalan Mahasiswa Baru

Masa perkenalan mahasiswa menjadi ajang yang bergengsi bagi setiap universitas. Mereka menyajikan beberapa rangkaian acara dan mengundang beberapa bintang tamu yang luar biasa untuk memanjakan mahasiswa barunya. Bahkan tidak tanggung-tanggung, konsep yang dibawakan mampu mencatatkan torehan di Museum Rekor Indonesia (MURI) di berbagai katergori. Nah, mana sajakah kampus yang pernah mencatatkan dirinya di MURI sampai ke rekor dunia? Berikut 3 Universitas dengan rekor yang dipecahkan ketika masa perkenalan mahasiswa baru.

  1. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

Dalam acara Masa Ta’aruf (MATAF) UMY 2021. UMY berhasil mencatakan rekor sebagai Perkenalan Mahasiswa Baru Secara Daring Mengenakan Baju Adat dan Berbahasa Daerah Terbanyak. Dalam website remi UMY, dicatatkan bahwa terdapat 2000 video perkenalan menggunakan bahasa daerah dan mengenakan baju adat dari daerah masing-masing dengan 73 bahasa daerah dari 34 provinsi di Indonesia. Pengakuan ini diberikan langsung oleh Sri Widiyati, perwakilan MURI, Museum Rekor Indonesia (MURI) secara langsung melalui verifikasi pencatatan dan pemberian piagam penghargaan.

  1. IPB University

Pengenalan Kampus Mahasiswa Baru (MPKMB) IPB University ke-57 tahun 2020 berhasil memecahkan rekor dunia oleh Record Holders Republic dengan kategori “The Highest Number of People Participating in Stop Motion Animation.”  IPB berhasil menorehkan Rekor dunia ini dengan partisipasi dari 7.920 foto yang diikuti oleh 3.720 mahasiswa baru IPB University angkatan 57 (tahun 2020).

  1. Universitas Surabaya

Pada tahun 2018, Universitas Surabaya berhasil mencatkan rekor baru dengan kegiatan bermain card game dengan maba terbanyak di Indonesia dalam rangkaian acara Masa Orientasi Bersama (MOB) UBAYA 2018. Dalam card game tersebut, fokus dari kegiatannya adalah menyampaikan seluruh kehidupan kampus yang dijalani mahasiswa hingga lulus kuliah. Selain itu, permainan tersebut mengajari mahasiswa lebih mengenal pilihan aktivitas di kampus. Dengan begitu, maba bisa memiliki pandangan untuk mengikuti aktivitas kampus yang bermanfaat bagi mereka.

Itulah tiga kampus dengan torehan rekornya ketika masa orientasi mahasiswa baru. Apakah kampus kalian juga memecahkan rekor saat orientasi mahasiswa baru? Yuk tuliskan di bawah rekor apa saja dan kampus apa!

 

Source: umy.ac.id, dukasi.sindonwes.com, dan ubaya.ac.id

Penulis : Sibakhul Milad

Editor : Sakinah

 

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.