3 Tips Mendapatkan Teman Belajar Ketika Kuliah Online

Kuliah online yang tak kunjung usai karena adanya pandemi memang perlahan membosankan. Bagaimana tidak, pelajar dan mahasiswa dituntut untuk menatap layar laptop dan handphone mereka melebihi biasanya dalam sehari. Hal ini juga memengaruhi kegiatan sosial mereka yang harusnya berkuliah menjadi tempat bersoasialisasi, membangun network dan kegiatan lainnya jadi terhalang. Alhasil mereka pun menjadi berkurang lingkup pertemanannya. Nah untuk kalian yang khawatir bakal tidak memiliki teman saat kuliah online, yuk simak tiga tips berikut supaya kelas online tetap memiliki teman belajar atau teman kerja kelompok.

Pertama, perkenalkan diri kalian dengan baik. Tak kenal maka tak sayang, sekiranya seperti itulah peribahasa yang disering dilontarkan. Untuk memulai pertemanan, teman kalian perlu tahu siapa nama kalian. Maka dari itu, perkenalkanlah diri kalian dengan baik dengan menyebutkan nama, asal dan hal lain di grup kelas atau grup angkatan. Berikan kesan bahwa kalian orang yang friendly dengan saling menanggapi perkenalan dari teman lain.

Kedua, sering sharing materi. Kesulitan memahami materi saat kelas online memang berbeda. Berbeda dengan kelas offline yang bisa bertanya langsung sampai puas, kondisi kelas online memiliki keterbatasan. Oleh karena itu, sering-seringlah berbagi materi jika ada teman kalian sedang kebingungan. Yakinlah pasti kalian akan dibantu suatu saat kelak.

Ketiga, saling mengingatkan. Seorang pelajar atau mahasiswa tidak jauh dari kata tugas dan project. Kalian bisa memanfaatkan ini untuk saling mengingatkan mengenai tugas apa yang akan datang, materi apa yang perlu disiapkan. Dengan begitu kalian akan dianggap sebagai teman yang perhatian meskipun belum pernah bertatap muka sebelumnya.

Nah, begitulah tips agar tetap memiliki teman belajar atau teman kerja kelompok meskipun suasana pandemi dan kelas online. Tidak menjadi halangan lagi bahwa kelas online membuat kita semakin individualis karena kita memang harus berdamai dengan semua ini sampai waktunya tiba.

 

Penulis : Sibakhul Milad

Source of Pic: www.lensaindonesia.com

Editor : Sakinah

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.