3 Macam Beasiswa Tanpa Seleksi Wawancara

Seleksi beasiswa memang bukanlah hal yang mudah, banyak proses yang harus dilalui, apalagi beasiswa luar negeri yang tingkat kompetitifnya jauh lebih tinggi. Mulai dari mempersiapkan diri untuk memenuhi semua persyaratan yang susah, pengumpulan berkas, dan banyak proses seleksi lainnya. Salah satu tahap dalam proses seleksi yang menjadi ketakutan terbesar pada scholarship hunters adalah tahap wawancara. Banyak sekali calon kandidat penerima beasiswa dengan kemampuan yang sangat mumpuni namun gagal di tahap wawancara. Bisa jadi karena terlalu gugup, tidak terlalu pandai dalam mengekspresikan kemampuan diri, kurangnya persiapan, dan hal-hal lainnya.

Nah bagi scholarship hunters yang sering gagal dalam seleksi beasiswa hanya karena gagal di tahap wawancara, beberapa beasiswa ini mungkin bisa menjadi solusi. Seluruh beasiswa di bawah ini tidak menyertakan tahap wawancara dalam proses seleksi penerima beasiswanya.

  1. Eiffel Excellence Scholarship Program
indbeasiswa.com

Menebak dari nama beasiswanya, kamu pasti sudah menebak negara tujuan dari beasiswa ini. Ya, bagi kamu yang ingin melanjutkan Pendidikan di Negara Prancis, beasiswa Eiffel Excellence Program merupakan jawabannya. Program beasiswa yang tidak memerlukan wawancara ini termasuk dalam jenis beasiswa fully funded dimana hampir semua kebutuhan penerima beasiswanya nanti dipenuhi oleh pihak Eiffel Excellence Scholarship Program ini. Hal menarik dari beasiswa ini adalah, kamu tidak mendaftar secara independen kepada pihak pemberi beasiswa, melainkan kampus tujuan kamulah yang nantinya akan memberikan rekomendasi langsung ke pihak penyedia beasiswa.

  1. Swedish Institute Scholarships for Global Professionals (SISGP)
youthop.com

Banyak program beasiswa yang biasanya bisa diikuti oleh fresh graduate, namun Swedish Institute Scholarships for Global Professionals ini hanya bisa diikuti oleh seseorang yang sudah punya pengalaman kerja. Namun kabar baiknya, beasiswa ini tidak memasukkan tahap wawancara dalam proses penerimaannya. Beasiswa fully funded ini hanya mengharuskan kamu mengirim berkas-berkas seperti motivation letter, curriculum vitae, letters of reference, paspor, dan beberapa dokumen yang menyatakan kamu sudah diterima di salah satu universitas yang masuk dalam daftar Swedish Institute. Untuk informasi lebih lengkap, kamu bisa melihatnya di situs resmi SISGP.

  1. Orange Tulip Scholarship
kuliahdimana.id

Melanjutkan pendidikan di negara Belanda merupakan mimpi banyak mahassiwa di Indonesia, alasannya adalah kualitas pendidikan di negara ini sudah sangat mumpuni dalam mencetak para alumni berkualitas. Untuk melanjutkan pendidikan di negara bunga tulip ini, kamu bisa mencoba mendaftar program Orange Tulip Scholarship, dimana dalam proses seleksinya, kamu tidak perlu melakukan wawancara dengan pihak penyedia beasiswa. Walaupun kamu hanya perlu mengirim berkas yang diminta, namun kamu sudah harus eligible dan mampu untuk memenuhi semua persyaratan universitas pilihan kamu.

Itulah beberapa beasiswa yang tidak memerlukan tahap wawancara dalam seleksi penerimaannya, namun yang menjadi poin penting adalah para calon penerima beasiswa sudah memenuhi persyaratan untuk melanjutkan studi di universitas pilihan, dan itu merupakan bagian terberat dalam proses ini. Apalagi dengan fakta bahwa negara-negera tujuan beasiswa tanpa wawancara ini bukanlah negara dengan Bahasa Inggris sebagai bahasa utamanya, sudah dipastikan kamu harus belajar bahasa baru nantinya. Walaupun semua beasiswa ini tidak memerlukan wawancara, kamu mempunyai tugas yang tetap berat dalam mempersiapkan diri kamu agar mampu memenuhi semua persyaratan universitas tujuan kamu. Good luck!

 

Penulis : Sri Indriani Fitri

Editor : Sakinah

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.