3 Kategori Beasiswa LPDP Tahap 2

Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) Kementerian Keuangan Republik Indonesia (Kemenkeu RI) berkomitmen untuk mempersiapkan pemimpin dan profesional masa depan serta mendorong inovasi demi terwujudnya Indonesia yang sejahtera, demokratis, dan berkeadilan. LPDP menyelenggarakan program beasiswa magister/doktor untuk putra-putri terbaik Indonesia. Ada 3 kategori beasiswa LPDP tahap 2 yang akan dibuka pada tanggal 1 Agustus 2021 nanti, yaitu; beasiswa afirmasi, besiswa targeted dan beasiswa umum. Berikut adalah masing-masing penjelasannya.

  1. Beasiswa Afirmasi

Beasiswa afirmasi adalah beasiswa yang dikhususkan untuk masyarakat tertentu seperti untuk kelompok Berkebutuhan Khusus/Difabel, Daerah Afirmasi dan Beasiswa Prasejahtera. Berikut adalah penjelasan masing-masing poinnya.

  • Beasiswa Berkebutuhan Khusus Difabel

Sasaran beasiswa kelompok Berkebutuhan Khusus/Difabel adalah masyarakat berkebutuhan khusus/difabel yang memenuhi persyaratan yang telah ditentukan LPDP khususnya penyandang Tuna Netra atau Low Vision, Tuna Rungu, Tuna Wicara, Tuna Daksa, dan Tuna Laras.

  • Beasiswa Daerah Afirmasi

Sasaran Beasiswa Daerah Afirmasi adalah masyarakat yang berasal dari daerah afirmasi dan memenuhi kriteria yang ditetapkan oleh LPDP. Daftar Daerah Afirmasi untuk Beasiswa Afirmasi LPDP tahun 2021 ini yakni, Lampung (Kabupaten Pesisir Barat); Provinsi Maluku (Kabupaten Buru, Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Kabupaten Maluku Tengah, dan lain-lain); Maluku Utara (Kabupaten Halmahera Barat, Kabupaten Halmahera Selatan, Kabupaten Halmahera Tengah, dan lain-lain); Nusa Tenggara Barat (Kabupaten Lombok Utara); Nusa Tenggara Timur (Kabupaten Ende, Kabupaten Flores Timur, Kabupaten Manggarai, dan lain-lain); Papua (Kabupaten Biak Numfor, Kabupaten Jayapura, Kabupaten Kepulauan Yapen, dan lain-lain); Papua Barat (Kabupaten Fakfak, Kabupaten Kaimana, Kabupaten Manokwari, dan lain-lain); Sulawesi Tengah (Kabupaten Donggala, Kabupaten Sigi, Kabupaten Tojo Una-Una); Sumatera Barat (Kabupaten Kepulauan Mentawai); Sumatera Selatan (Kabupaten Musi Rawas Utara); Sumatera Utara (Kabupaten Nias, Kabupaten Nias Barat, Kabupaten Nias Selatan, Kabupaten Nias Utara)

Daftar 96 kabupaten dan kota Daerah Afirmasi Tahun 2021 untuk Beasiswa Daerah Afirmasi LPDP selengkapnya dapat dilihat di sini.

  • Beasiswa Prasejahtera

Sasaran Penerima Beasiswa Pra-sejahtera adalah masyarakat yang berasal dari keluarga miskin atau prasejahtera.

 

  1. Beasiswa Targeted:

Beasiswa targeted adalah beasiswa yang dikhususkan untuk masyarakat tertentu seperti untuk PNS/TNI/POLRI dan masyarakat yang memiliki wirausaha. Berikut adalah penjelasan masing-masing poinnya.

  • Beasiswa PNS, TNI dan POLRI

Beasiswa PNS/TNI/POLRI diperuntukkan bagi Pegawai Negeri Sipil/Anggota TNI/POLRI yang telah menyelesaikan studi program diploma empat (D4) atau sarjana (S1) untuk beasiswa magister atau menyelesaikan studi program magister (S2) untuk beasiswa Doktor.

  • Beasiswa Kewirausahaan

Beasiswa Pendidikan Indonesia Kewirausahaan selanjutnya disebut BPI Kewirausahaan adalah beasiswa jenjang magister luar negeri yang diperuntukkan bagi warga negara Republik Indonesia yang bergerak dalam bidang kewirausahaan.

 

  1. Beasiswa Umum

Beasiswa umum adalah beasiswa yang paling banyak pendaftarnya dikarenakan beasiswa untuk kategori ini memiliki cakupan yang sangat luas. Beasiswa ini diperuntukkan bagi masyarakat tertentu seperti untuk para pendaftar yang akan melanjutkan ke jenjang magister, juga untuk mereka yang telah memperoleh Letter of Admission/Acceptance Unconditional dari Perguruan Tinggi Utama Dunia dan juga tersedia beasiswa semi mandiri. Berikut adalah penjelasan masing-masing poinnya.

  • Beasiswa Reguler

Beasiswa Reguler diperuntukkan bagi Warga Negara Indonesia (WNI) yang telah menyelesaikan studi program diploma empat (D4) atau sarjana (S1) untuk beasiswa magister; Warga Negara Indonesia (WNI) yang telah menyelesaikan studi program magister (S2) untuk beasiswa doktor; atau Warga Negara Indonesia (WNI) yang telah menyelesaikan studi diploma empat (D4)/sarjana (S1) untuk beasiswa doktor luar negeri.

  • Beasiswa Perguruan Tinggi Utama Dunia (PTUD)

Beasiswa PTUD diperuntukkan bagi Warga Negara Indonesia yang telah memperoleh Letter of Admission/Acceptance Unconditional dari Perguruan Tinggi Utama Dunia untuk menempuh jenjang pendidikan Magister dan Doktor.

  • Beasiswa Co Funding

Beasiswa Co-Funding ditujukan bagi pendaftar beasiswa jenjang Magister Luar Negeri program Beasiswa Reguler dan Beasiswa Perguruan Tinggi Utama Dunia melalui skema Beasiswa Semi Mandiri.

 

Bagi para pendaftar beasiswa LPDP dalam kategori afirmasi, targeted, atau reguler, memiliki tahapan seleksi yang sama. Yakni yang pertama, melalui seleksi administrasi, seleksi substansi akademik (tes skolastik), seleksi wawasan kebangsaaan, dan interview.

Bagi para pendaftar beasiswa untuk point di PTUD dengan LPDP, maka seleksi substansi akademik akan dilewati dan langsung melalui seleksi wawasan kebangsaan.

Pendaftaran LPDP tahap kedua ini akan di mulai per tanggal 1 Agustus 2021, untuk melihat persyaratan lengkap yang dibutuhkan bisa mengunduh booklet lengkap di situs resmi https://www.lpdp.kemenkeu.go.id/in/page/Beasiswa2021.

 

Sumber berita          : https://www.lpdp.kemenkeu.go.id

Penulis                      : Alimah Nur Kasanah

Editor                        : Sakinah

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.