3 Jenis Beasiswa yang Bisa Fresh Graduate Coba

Pendidikan tinggi adalah salah satu yang bisa kamu usahakan dan raih. Di era sekarang ini pendidikan tinggi adalah hal yang sangat penting untuk menunjang karirmu di masa depan. Dengan mendapatkan pendidikan yang tinggi nantinya kamu akan mendapatkan karir yang cemerlang di masa depan.

Dengan menyelesaikan S1 dan mendapatkan gelar sarjana tentunya kamu memiliki kesempatan yang sebesar-besarnya untuk melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi yakni S2. Dengan jenjang yang lebih tinggi tersebut akan semakin memudahkanmu dalam mendapatkan pengalaman dan juga tawaran karir yang lebih baik lagi tentunya.

Nah untuk kamu para fresh graduate yang tertarik untuk melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi dan tertarik untuk mendapatkan beasiswa, berikut ini 3 rekomendasi beasiswa yang cocok dan bisa kamu coba untuk kamu yang baru saja lulus kuliah.

  1. LPDP Scholarship

Beasiswa yang satu ini adalah beasiswa yang sudah sangat familiar di kalangan akademika yang memiliki tujuan untuk memberikan bantuan pendidikan bagi mereka yang ingin mengenyam pendidikan S2 dan S3. Beasiswa Lembaga Pengelolahan Dana Pendidikan (LPDP) ini berfokus pada pengembangan kualitas sumber daya manusia di berbagai bidang yang menunjang percepatan pembangunan Indonesia. Adapun jurusan yang menjadi fokus LPDP diantaranya adalah; teknik, sains, pertanian, hukum, ekonomi, keuangan, kedokteran, agama, serta sosial-budaya. Akselarasi riset dan inovasi strategis nasional untuk kemjauan Indonesia melalui program pendanaan Riset Inovatif Produktif adalah salah satu misi LPDP.

Beasiswa LPDP ada 4 kategori diantaranya adalah; beasiswa umum, besiswa targeted, beasiswa afirmasi dan beasiswa kolaborasi. Beasiswa ini bisa diikuti oleh seluruh kalangan dengan ketentuan sebagai berikut; (1) WNI dan sudah memiliki ijazah S1 ataupun S2; (2) Rentang waktu di usia sebelum 35 untuk jenjang S2 dan 40 tahun untuk jenjang S3 ketika mendaftar; (3) Memiliki skor TOEFL/IELTS/PTE yang sesuai dengan kriteria; (4) Mengabdikan diri setelah selesai masa studi. Untuk lebih lanjutnya, silahkan kunjungi laman website resminya di https://lpdp.kemenkeu.go.id/

  1. GKS Scholarship

Beasiswa Global Korea (Beasiswa GKS), atau dikenal sebagai KGSP (Beasiswa Pemerintah Korea) adalah salah satu beasiswa yang didanai penuh paling bergengsi di dunia. Tujuan dari program ini adalah untuk memberikan kesempatan kepada siswa internasional untuk melakukan studi lanjutan dalam program sarjana & pascasarjana di institusi pendidikan tinggi di Korea Selatan.

Kriteria Beasiswa GKS 2021 untuk Indonesia antara lain: (1) Warga Negara Indonesia (WNI); (2) Berusia di bawah 25 tahun, per 1 Maret 2021; (3) Lulusan SMA yang bisa melamar (melampirkan Ijazah dan transkrip SMA WAJIB); (4) Membutuhkan setidaknya nilai/IPK 80% secara keseluruhan; (5) Pendaftar harus sehat jasmani dan rohani. Selain pembiayaan kulah dan juga uang tunjangan, kamu juga akan mendapatkan pelatihan bahasa korea yang akan disediakan oleh kampus yang terhubung dengan beasiswa ini. Untuk informasi lebih lanjut kunjungi lama resminya di sini https://www.gksscholarship.com/

  1. KAUST Scholarship

Program Beasiswa KAUST 2022 adalah beasiswa yang didanai penuh. KAUST ini adalah singkatan dari King Abdullah University of Science and Technology. KAUST terletak di Arab Saudi, bagi para mahasiswa yang ingin meningkatkan riset pembelajaran, akan sangat bersyukur bisa belajar gratis di Timur Tengah.

Adapun manfaat yang akan didapatkan oleh pendaftar diantaranya; (1) Tunjangan sebesar $ 6,250; (2) Tujuan penelitian proyek $ 45,000; (3) Fasilitas laboratorium; (3) Tunjangan hidup; (4) Asuransi kesehatan; (4) Tiket pulang pergi (1 kali perjalanan). Untuk informasi lebih lanjut, kamu dapat mengunjungi laman berikut ini https://www.kaust.edu.sa/en

Nah itu tadi 3 jenis beasiswa yang bisa kamu coba untuk mendaftar jika kamu masih fresh graduate dan kamu masih memiliki pengalaman kerja yang minim. Selamat mencoba dan semoga artikel ini membantumu ya!

 

Sumber          :  https://lpdp.kemenkeu.go.id/  /  https://www.gksscholarship.com/  / https://www.kaust.edu.sa/en

Jurnalis          : Alimah Nur Kasanah

Editor             : Sakinah

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.