3 Hal Penting Yang Perlu Kamu Ketahui dari Surat Rekomendasi

Surat Rekomendasi atau Recommendation letter merupakan surat yang digunakan untuk menguatkan, menyatakan maupun membenarkan suatu hal sehingga pemohon surat dapat dipercaya. Bisa dibilang bahwa surat ini sebagai bentuk validasi eksternal dari pimpinan / dosen / guru untuk merekomendasikan mahasiswa / siswanya dalam karir atau studi lanjut.

Banyak sekali contoh surat rekomendasi yang bisa teman-teman dapatkan, tetapi dalam mendapatkan surat rekomendasi teman-teman perlu memperhatikan beberapa hal berikut ini agar surat rekomendasi tersebut baik dan benar;

  1. Pemberi Rekomendasi

Pastikan pemberi rekomendasi adalah seseorang yang professional yang sudah bekerja dan memiliki karir di bidangnya yang cukup berkompeten. Selain itu pastikan jika pemberi rekomendasi mengenal baik dengan yang bersangkutan dan juga pernah dalam suatu pekerjaan atau project bersama.

  1. Isi rekomendasi.

Pastikan jika isi dari surat rekomendasi adalah hal-hal positif yang kamu miliki dan juga skill serta kemampuan yang kamu punya. Pastikan di dalam rekomendasi, pemberi rekomendasi mampu mendiskripsikanmu secara baik dan runtut.

  1. Format rekomendasi

Pastikan format rekomendasi sesuai dengan kebutuhan dan juga tujuan karena tidak semua surat rekomendasi memiliki format yang sama. Misalnya ketika kamu hendak melamar beasiswa pastikan format rekomendasinya sudah sesuai dengan apa yang disyaratkan.

Nah itu dia tiga hal yang harus kamu perhatikan sebelum mendapatkan surat rekomendasi, jangan asal membuat dan meminta surat rekomendasi tanpa melihat dan menelaah ketiga hal tersebut ya.

 

Sumber          : https://www.akseleran.co.id/

Jurnalis          : Alimah Nur Kasanah

Editor.            : Sakinah

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.