3 Fakta Menarik UMY Yang Wajib Kalian Tau!

Di Jogja jumlah perguruan tinggi sudah bukan lagi puluhan namun sudah sampai ratusan, dari mulai institut, sekolah tinggi, akademik, sampai universitas ada di Kota Pelajar ini. Setiap dari perguruan tersebut mempunyai keunikannya tersendiri, seperti ada yang menjadi peguruan tinggi tertua di Indonesia, akademi yang mendapat akreditasi A pertama. Nah, kalau kalian ingin memutuskan atau sudah berkuliah di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) ada beberapa funfact tentang UMY yang wajib kalian tahu sebagai calon mahasiswa/mahasiswa UMY lho.

Fakta pertama, desain bangunan di UMY. Desain bangunan di UMY memiliki ciri khas tersendiri, tapi ada satu bangunan yang merefleksikan suatu bentuk benda yaitu buku. Bangunan tersebut adalah gedung AR. Fakhruddin A dan AR. Fakhruddin B. Jika sekilas dilihat dari depan, bangunan tersebut hanyalah sebuah bangunan kembar, namun jika dilihat dari atas maka kedua bangunan tersebut akan berbentuk seperti buku yang dibuka.

 

 

Doc. Twitter @SportoriumUMY

Selain kedua bangunan tersebut, ada juga bangunan Sportorium. Bangunan tersebut adalah bangunan serbaguna yang biasa digunakan UMY untuk acara besar seperti halnya Milad Muhammadiyah, Wisuda dan berbagai acara besar berskala nasional atau internasional. Faktanya, bangunan tersebut jika dilihat lebih jauh akan berbentuk seperti matahari yang terbit.

 

 

Fakta kedua, Rekor MURI sebagai penyelenggara Internasional Conference online terbanyak. Pada tanggal 13-14 Oktober 2020 UMY menyelenggarakan Internasional Conference dengan fokus konferensi berjumlah 14 konferensi secara online. Konferensi ini menjadi wadah ilmuwan, dosen, dan para pakar menyampaikan ilmu dan pengalamannya di forum konferensi internasional. Situasi pandemi COVID-19 telah mengubah rencana awal penyelenggaraan ICoSI 2020 di UMY, yang awalnya akan dilaksanakan luring berganti menjadi daring. MURI mencatatkan hal tersebut hingga menjadikan UMY mendapatkan Rekor MURI sebagai penyelenggara Internasional Conference Online terbanyak dengan 14 bidang ilmu berbeda.

Doc. ICoSI UMY

Fakta Ketiga, American Corner di UMY. Meskipun perpustakaan UMY tidak tercatat sebagai perpustakaan terbesar di Indonesia. Namun, terdapat satu fasilitas yang hanya ada satu di Jogja yaitu American Corner. Siapa sangka, UMY dipercayai oleh pemerintah Indonesia untuk mengelola bentuk kerjasama antara pemerintah Indonesia dan US Embassy. Bukan hanya itu, segala fasilitas di dalamnya pun termasuk majalah-majalah yang disediakan berasal dari Amerika, dan Printer 3D ada di dalam American Corner. Yang lebih membuat takjub lagi adalah, hanya ada 9 American Corner di Indonesia dan salah satunya di UMY. Luar Biasa!

Sumber foto : umy.ac.id

Itulah 3 Fakta Unik tentang Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, gimana? Baru tahu atau sudah tahu dari lama? Kalau kalian punya fakta menarik lainnya tentang UMY tulis di kolom komentar ya!

 

Penulis : Sibakhul Milad

Editor : Sakinah/Uke

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.