3 Cara Mendapatkan Kemampuan Khusus Dalam Diri

Kemampuan atau skill merupakan hal yang penting bagi setiap individu, terutama untuk kalangan mahasiswa. Dalam kehidupan mahasiswa sering kali skill digunakan untuk menemukan jati diri, bakat, bahkan kemampuan yang masih terpendam dalam diri masing-masing. Tentunya tak akan sama kemampuan yang akan dimiliki setiap individu satu sama lain. Bahkan untuk mendapatkannya pun memiliki jangka waktu dan proses yang berbeda.

Hardskill merupakan kemampuan yang dapat kita peroleh dan kita asah dengan cara latihan, pengulangan, dan juga pendidikan. Dengan sebuah kebiasaan yang sederhana kamu pun bisa mendapatkan potensi untuk memunculkan kemampuan yang kamu miliki dalam dirimu. Contoh dari hardskill seperti analisis data, kemampuan computer, desain, marketing dan masih banyak lagi. Berikut ini adalah cara mendapatkan kemampuan hardskill dengan kebiasaan sederhana:

1. Biasakan Melakukan Latihan Secara Teratur

Semakin sering kamu berlatih akan menjadikan kemampuanmu semakin berkembang dari waktu ke waktu. Semakin keras kamu berlatih dan mempraktikkan hal yang kamu suka secara konsisten akan menjadi kemampuan/skill yang berguna untukmu. Sebagai contoh, misalkan kamu suka mendesian logo atau poster, semakin sering kamu melakukannya maka semakin ahli dalam mendesain. Yang terpenting jangan lupa atur latihan khusus agar semakin teratur.

2. Biasakan Meminta Kritik Dan Saran Dari Orang Lain

Membiasakan diri untuk meminta kritik dan saran dari orang yang lebih ahli akan semakin membantumu dalam mengarahkan kemampuanmu. Dengan begitu, kamu akan tahu letak kekuranganmu sehingga ke depannya dapat diperbaiki secara profesional. Jangan malu-malu untuk meminta saran dari orang lain.

3. Biasakan Mengikuti Pelatihan/Kelas Online

Penting untuk terus belajar dan memperdalam hardskill sehingga tidak berhenti di situ-situ saja. Ikuti kursus/kelas online yang ada saat ini. Seperti yang diketahui, banyak kursus online yang bertebaran di mana-mana. Kursus ini merupakan kesempatan yang baik untuk mengasah hardskill. Sebab, dengan terus belajar maka wawasanmu akan semakin bertambah. Misalkan kamu sedang ingin mengasah skill desain, maka kamu bisa ikut kursus online yang menjelaskan tentang bagaimana cara menggunakan aplikasi desain, trik dan tips dalam mendesain dan lain-lain.

 

Penulis : Alim Javier Ardyansyah

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.