3 Beasiswa Non-Pemerintah untuk Semua Kalangan Mahasiswa

Beasiswa memang tidak selamanya untuk mahasiswa yang kurang mampu, sehingga ada beberapa beasiswa untuk mahasiswa yang memiliki prestasi dan, atau aktif dalam organisasi. Indonesia dengan kemajemukannya dibagi menjadi beberapa kategori termasuk strata ekonomi. Umumnya, terdapat tiga strata yaitu bawah, menengah dan atas. Dalam proses pendidikannya mereka mendapatkan kesempatan untuk memperoleh pendidikan yang layak dan tidak dibeda-bedakan. Sayangnya, masyarakat kalangan menengah sering berada di persimpangan antara iya dan tidak mengenai biaya bantuan pendidikan. Bantuan pendidikan disasarkan menjadi milik kaum ekonomi kelas bawah untuk membantu pendidikan mereka. Sedangkan masyarakat kaum menengah seperti di persimpangan dapat atau tidak karena mereka dianggap mampu untuk memenuhi biaya pendidikan yang disyaratkan. Nah, apakah ada beasiswa yang tidak mensyarakatkan kalian harus kelas ekonomi bawah? Nah berikut adalah beasiswa non pemerintah yang tidak mensyaratkan keterangan bahwa kalian harus kalangan ekonomi strata bawah. Yuk cek berikut ini.

1. Beasiswa Tanoto Foundation membuka peluang mahasiswa program sarjana S1 reguler yang sedang menjalani studi semester pertama di perguruan tinggi mitra Tanoto Foundation. Para peserta program selain diberikan beasiswa untuk uang kuliah yang dibayarkan penuh hingga semester delapan, juga diberikan tunjangan biaya hidup bulanan serta diberikan berbagai pelatihan kepemimpinan. Sayangnya, hanya ada sembilan perguruan tinggi yang bermitra dengan Tanoto Foundation, yaitu: Institut Pertanian Bogor, Institut Teknologi Bandung, Universitas Andalas, Universitas Brawijaya, Universitas Diponegoro, Universitas Gadjah Mada, Universitas Indonesia, Universitas Riau, dan Universitas Sumatera Utara. Nah, jika universitas kalian bermitra dengan universitas di atas, bisa dicoba ya.

2. XL Future Leaders merupakan program pelatihan terpadu bagi mahasiswa tingkat 1 – 2 (semester 1 – 4) yang difokuskan pada 3 area kompetensi yang dibutuhkan untuk dapat berkiprah di tingkat global. Para peserta tidak akan dikenakan biaya apapun saat proses seleksi. Lebih jauh lagi, Program XL Future Leaders berdurasi 2 (dua) tahun dan dikhususkan bagi mahasiswa yang sedang menempuh tahun pertama dan kedua dalam program D4 atau S1. Nah, apakah kalian tertarik dengan beasiswa ini? Kalian bisa membuka laman resminya di www.xlfutureleaders.com

3. Beasiswa Djarum plus adalah rangkaian pelatihan yang dimaksudkan guna menyerasikan antara pencapaian akademik (hard skills) yang diperoleh di perguruan tinggi dengan berbagai ketrampilan lunak (soft skills) yang diperoleh dari program ini. Tujuannya agar Beswan Djarum di kemudian hari menjadi pemimpin masa depan bangsa yang cakap secara intelegensia maupun emosional. Yang membedakan Djarum Beasiswa Plus dengan program beasiswa lain adalah, selain mendapatkan dana beasiswa selama satu tahun, Beswan Djarum (sebutan bagi penerima program Djarum Beasiswa Plus) juga mendapatkan berbagai macam pelatihan keterampilan lunak atau soft skills guna mempersiapkan mereka menjadi calon pemimpin masa depan bangsa.

Nah itulah pilihan beasiswa yang bisa kalian coba tanpa harus membuktikan surat keterangan tidak mampu. Sehingga kalian bisa memiliki kesempatan yang sama entah kelas menengah, bawah bahkan kelas atas. Karena yang diukur oleh mereka adalah kemampuan kalian. Semangat!

 

Source: https://djarumbeasiswaplus.org, www.xlfutureleaders.com, https://indbeasiswa.com

Penulis : Sibakhul Milad

Editor : Sakinah

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.