10 Universitas Terbaik di United Kingdom

Salah satu beasiswa prestisius yang bisa mengantarkan kamu ke United Kingdom adalah beasiswa Chevening. Beasiswa fully funded ini memberikan fasilitas penuh bagi kamu yang ingin melanjutkan studi di salah satu universitas di beberapa negara yang tergabung dalam United Kingdom. Negara-negara tersebut adalah Wales, Inggris, Irlandia Utara, dan Skotlandia. Kamu bisa memilih salah satu universitas di antara empat negara tersebut.

Jika kembali berbicara mengenai tujuan utama melanjutkan studi di luar negeri, salah satu alasan terbesarnya adalah untuk mendapatkan mutu dan kualitas pendidikan terbaik. Maka dari itu memutuskan untuk memilih universitas yang akan dituju sangatlah penting. Jika kamu sekarang sedang dalam proses seleksi beasiswa Chevening, beberapa universitas ini bisa menjadi target kamu, karena beberapa universitas ini sudah berhasil menempati posisi teratas sebagai 10 universitas terbaik di seluruh United Kingdom menurut survei the Guardian University Guide pada tahun 2022.

10. Loughborough University

https://www.theguardian.com/education/2009/may/10/universityguide-loughborough-uni

Posisi 10 untuk univesitas terbaik di UK ditempati oleh Loughborough University. Universitas ini berlokasi di Inggris, atau tepatnya berada di Leicestershire. Universitas yang awalnya merupakan sebuah Politeknik ini selalu masuk daftar top 10 Universitas di UK. Jadi jika ditanya tentang kualitas pendidikan yang dimiliki, Loughborough University pasti sudah tidak perlu ditanyakan lagi kualitasnya.

9. University College London

http://www.scholarsofficial.com/persiapan-beasiswa/cara-mendaftar-dan-mendapatkan-beasiswa-denys-holland-untuk-kuliah-s1-di-university-of-college-london-inggris/

Menyusul urutan 9, ditempati oleh salah satu universitas yang berlokasi di Ibu Kota Inggris yaitu London. University College London. Universitas ini namanya sudah sangat familiar di telinga para mahasiswa Indonesia, banyak sekali mahasiswa Indonesia yang melanjutkan pendidikannya di kampus yang kerap disebut UCL ini. Kampus ini berhasil mencetak banyak sekali tokoh-tokoh penting di dunia, salah satunya adalah sutradara film-film blockbuster Hollywood, Christoper Nolan dan ilmuwan yang sangat kita kenal, yaitu Alexander Graham Bell.

8. University of Bath

https://www.britishcouncil.or.th/en/university-of-bath

University of Bath hampir sama dengan Loughborough University, universitas ini tidak terlalu terkenal di mata para mahasiswa Indonesia. Namun di balik itu, universitas yang berada di wilayah Somerset di Inggris ini mempunyai kualitas yang mumpuni dalam mencetak para alumni yang berkualitas. Beberapa pemimpin di Inggris seperti Stephen Dalton dan Don Foster ber-almamater University of Bath.

7. Imperial College London

Universitas selanjutnya yang bisa kamu jadikan destinasi untuk melanjutkan pendidikan adalah Imperial College London. Universitas yang juga terletak di Ibu Kota Inggris ini memang sudah menjadi langganan tujuan bagi banyak mahasiswa internasional di seluruh dunia. Pada tahun 2021, Imperial College London berhasil menyabet gelar University of the Year for Student Experience.

6. University of Warwick

https://warwick.ac.uk/newsandevents/pressreleases/times_and_sunday_times_rank_warwick_as_one_of_uks_top_10_universities1/

Lagi-lagi, universitas terbaik yang masuk daftar the Guardian University Guide 2022 juga berasal dari Inggris, tepatnya di Coventry. Bagi kamu yang tidak terlalu suka keramaian dan ingin belajar di kota yang tenang dan tidak terlalu padat penduduk, University of Warwick merupakan pilihan yang paling tepat karena berlokasi di tempat yang nyaman. Sehingga kamu bisa menghindari kebisingan selama masa studi kamu.

5. Durham University

https://konsultanpendidikan.com/2019/09/04/profil-lengkap-durham-university/

Pernah mengunjungi kota Durham? Rasanya jarang sekali orang-orang Indonesia mengetahui salah satu kota di Inggris ini, padahal kota ini merupakan kota yang sangat indah. Bagi mahasiswa yang ingin melanjutkan studi di kota yang dikelilingi oleh Sungai Wear ini, Durham University adalah jawabannya. Di samping kotanya yang indah, Durham University juga memiliki kualitas pendidikan mumpuni, terbukti universitas ini memiliki alumni yang sukses di berbagai bidang, seperti Richard Dannat yang berhasil menduduki posisi dewan dan Edward Leigh yang berhasil menduduki parlemen di Britania Raya.

4. London School of Economics and Political Science

Generated by IJG JPEG Library

Universitas yang bisa menjadi pertimbangan kamu ketika mendaftar Chevening adalah London School of Economics and Political Science. Dari namanya saja kamu pasti bisa menebak lokasi dari kampus ini. Salah satu alumni penting dari kampus ini adalah Gita Gutawa.

3. University of St Andrews

https://www.st-andrews.ac.uk/

Jika universitas-universitas sebelumnya rata-rata berlokasi di Inggris, University of St Andrews ini berlokasi di Skotlandia. Universitas dengan kualitas terbaik ini juga termasuk dalam jajaran universitas tertua bersama dengan University of Cambridge dan University of Oxford.

2. University of Cambridge

https://www.cam.ac.uk/about-the-university/cambridge-at-a-glance

Membahas tentang universitas prestisius di United Kingdom, University of Cambridge adalah nama universitas yang tidak akan pernah tertinggal. Universitas ini bahkan selalu menjadi langganan top 5 universitas terbaik di dunia. Menjadi bagian dari University of Cambridge bukanlah hal yang mudah, universitas ini masuk ke dalam jajaran universitas dengan seleksi paling ketat di dunia.

1. University of Oxford

https://www.ox.ac.uk/admissions/graduate/courses/courses-a-z-listing

Untuk posisi pertama sudah pasti diduduki oleh University of Oxford. Universitas ini merupakan salah satu universitas pencetak tokoh-tokoh penting dan berpengaruh di berbagai bidang di dunia, seperti David Cameron, Rupert Murdoch, dan Kate Beckinsale. Universitas ini memang salah satu universitas terbaik tidak hanya di UK, namun juga terbaik di dunia.

 

Penulis : Sri Indriani Fitri

Editor : Sakinah

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.