10 Tips Tingkatkan Skill Bahasa Inggrismu

Kemampuan berbahasa Inggris saat ini sudah selayaknya dimiliki oleh generasi milenial mengingat tuntutan zaman yang semakin berkembang. Ketika kamu ingin berbahasa Inggris dengan baik, setidaknya terdapat empat skill yang perlu dikuasai.

Skill pertama yaitu kemampuan mendengar (listening), lalu kemampuan berbicara (speaking), kemudian kemampuan membaca (reading), dan terakhir kemampuan menulis (writing). Keempat skill ini merupakan kemampuan dasar yang harus dipelajari dan dikembangkan agar dapat memahami suatu bahasa.

Berdasarkan keempat kemampuan dasar tersebut, kamu dapat melakukan sepuluh tips berikut untuk meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris.

Listening (Mendengar)

Mendengar merupakan salah satu hal yang penting untuk dipelajari dalam sebuah komunikasi. Salah satu cara paling efektif yang dapat dilakukan yaitu dengan mendengarkan secara aktif melalui berbagai media yang bukan hanya isi pembicaraannya saja, namun juga cara pelafalan atau pengucapannya. Media yang dapat kalian pilih yaitu :

1. Musik

Kamu dapat mendengarkan musik berbahasa inggris sesuai selera kamu namun kamu juga harus mulai belajar untuk mendengarkan lirik dengan seksama sehingga kalian dapat memahami arti dari setiap intonasi yang diucapkan.

2. TV, film, radio, dan media elektronik lainnya

merupakan media yang tepat juga dalam melatih kemampuan listening kalian. Awal kali mencoba hal ini mungkin kamu akan memerlukan subtitle, namun coba secara perlahan untuk mengusahakan hingga kamu dapat menikmati sebuah acara tanpa menggunakan subtitle.

3. Seminar atau talkshow

Kamu bisa mengikuti seminar, talkshow atau acara lainnya yang menggunakan bahasa Inggris, sehingga kamu akan mencoba untuk mengerti bahasa Inggris agar mengerti topik yang dibicarakan dalam acara tersebut.

Speaking (Berbicara)

Sebagian besar orang sulit untuk memulai pembicaraan bahasa Inggris hanya karena mereka tidak terbiasa. Oleh karena itu penting untuk kamu yang ingin lancar berbahasa Inggris untuk dapat mempraktikkan dalam kehidupan sehari-hari. Satu hal yang perlu dihindari dalam mempraktikkannya yaitu jangan takut salah, karena hal tersebut merupakan sesuatu yang wajar dalam proses belajar.

4. Voice chat

Kemajuan teknologi saat ini mempermudah kamu untuk dapat berbicara dalam bahasa Inggris dengan seseorang melalui ponsel. Dimanapun dan kapanpun kamu berada, kamu dapat terhubung dengan siapapun untuk dapat mempraktikkan bahasa Inggirs ini.

5. Rekamlah suaramu sendiri

Awal dalam melakukan hal ini mungkin akan terdengar aneh namun dengan begitu kamu bisa mendengarkan kembali dan mencari kekurangan dari apa yang sudah kamu ucapkan.

6. Berbicara dalam bahasa Inggris setiap saat

Kalian dapat memilih teman atau lingkungan kampus yang mendorong kamu untuk tetap bersama-sama belajar bahasa Inggris baik secara langsung maupun dalam sebuah grup media sosial. Kamu juga dapat bergabung dengan unit kegiatan mahasiswa yang lebih mengarah dalam penggunaan bahasa Inggris di dalamnya. Hal ini akan menciptakan lingkunganmu sebagai supporter untuk melatih berbahasa Inggrismu.

Reading (Membaca)

Membaca merupakan salah satu penunjang proses pembelajaran bahasa menjadi lebih cepat karena ketika membaca otak manusia akan mengolahnya menjadi sebuah kalimat, frasa ataupun idiom lainnya. Selain itu membaca juga akan melatih kalian dalam mempelajari grammer, tenses, dan struktur kalimat. Kamu dapat melatihnya dengan cara berikut :

7. Membaca buku, blog, artikel dan sejenisnya yang menggunakan bahasa Inggris.

Meskipun banyak buku tersedia dalam Bahasa Indonesia, akan lebih baik kamu membaca dalam bahasa Inggris untuk meningkatkan kemahiran kamu berbahasa Inggris. Kamu dapat memulai dengan membaca bacaan yang kamu sukai dan bacaan-bacaan yang ringan seperti komik, cerita bergambar, artikel pendek dan sejenisnya.

8. Ganti pengaturan bahasa dalam gawai kalian menjadi bahasa Inggris.

Dengan hal tersebut kamu akan bisa lebih cepat memperbanyak kosakata bahasa Inggris, setidaknya kamu akan lebih cepat menghafal kata-kata yang sering muncul dalam handphone kalian.

Writing (Menulis)

Menulis merupakan tantangan bagi sebagian besar masyarakat Indonesia, terlebih menulis dalam bahasa Inggris. Namun tahukah kamu bahwa dengan menulis semua orang akan dapat menjadi lebih cepat dalam menghafalkan kosakata yang pernah ditulis sebelumnya. Saat menulis terutama ketika tulisan yang bersifat formal, kemampuan grammar kamu akan terasah dengan baik. Berikut hal yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris melalui menulis :

9. Tulis setiap kata yang menurut kalian penting, lengkap dengan arti dan contoh kalimatnya.

Dengah hal tersebut kamu akan lebih mudah mengingat dan mengaplikasikannya dalam sebuah kalimat.

10. Jangan takut untuk menulis komentar di media sosial menggunakan bahasa Inggris.

Media sosial dapat kamu manfaatkan untuk aktif dalam berbagai percakapan dan memberikan komentar atau opini kamu yang interaktif. Terutama jika tempat kamu menulis opini atau komentar tersebut memiliki jumlah pengguna yang cukup banyak sehingga akan tercipta interaksi yang aktif dalam percakapan tersebut.

Itulah beberapa tips yang dapat dilakukan dalam meningkatkan kemampuan bahasa Inggris dengan cepat. Kamu dapat mempraktikkannya secara langsung dan melakukannya secara konsisten untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

 

Sumber : https://Www.Wallstreetenglish.Co.Id/

Jurnalis : Alimah Nur Kasanah

Editor    : Sakinah

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.