10 Tahun Portal Rumah Belajar Jawab Tantangan Pendidikan Di Era Pandemi

Tepat hari ini Portal Rumah Belajar berusia 10 tahun sejak peluncuran pertamanya pada 15 Juli 2011. Portal Rumah Belajar sudah menjadi produk layanan unggulan dari Kemendikbud Ristek. Sampai hari ini, sudah tercatat lebih dari 217 juta kunjungan ke situs Portal Rumah Belajar. Sedangkan, jumlah pengguna situs hingga saat ini sudah lebih dari 20 juta penguna.

Portal Rumah Bekajar adalah portal pembelajaran yang menyediakan bahan belajar serta fasilitas komunikasi yang mendukung interaksi antar komunitas. Rumah Belajar hadir sebagai bentuk inovasi pembelajaran di era industri 4.0 yang dapat dimanfaatkan oleh siswa dan guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), Sekolah Menengah Atas/Kejuruan (SMA/SMK) sederajat.

Rumah Belajar menyediakan lebih dari 5.000 konten pembelajaran dalam berbagai format seperti video, audio, multimedia pembelajaran interaktif, permainan edukasi, bank soal, buku sekolah elektronik, karya sastra, dan sebagainya. Dengan menggunakan Rumah Belajar, kita dapat belajar di mana saja, kapan saja dengan siapa saja. Seluruh konten yang ada di Rumah Belajar dapat diakses dan dimanfaatkan secara gratis.

“Portal Rumah Belajar telah membantu anak-anak mendapatkan pendidikan di tengah tantangan yang kita hadapi. Berkat kemauan ibu dan bapak guru, serta orang tua memanfaatkan layanan yang kami sediakan ini, Gerakan #MerdekaBelajar tidak terhenti karena pandemi,” ungkap Nadiem, Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbud Ristek) pada dalam webinar 10 Tahun Rumah Belajar, Kamis (15/7) secara live streaming melalui kanal resmi YouTube KEMENDIKBUD RI.

Selanjutnya Nadiem mengatakan di usia 10 tahun Rumah Belajar harus tetap dijaga dan ditingkatkan kualitas yang dimilikinya, serta bisa menjadi salah satu jawaban di era pandemi yang mana melalui teknologi para peserta didik dapat tetap mengakses Pendidikan dimanapun mereka berada.

 

Sumber berita           : YouTube Kemendikbud RI

Reposter                    : Alimah Nur Kasanah

Editor                        : Sakinah

 

 

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.